Sabtu, 4 Mei 2024

Suhu Pro dan Kontra di luar Ruang Sidang Vonis Ahok

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Kondisi massa yang pro dan kontra di luar ruang sidang Ahok. Foto; Faiz suarasurabaya.net

Saat sidang pembacaan vonis terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sedang berlangsung, diluar ruang sidang, kubu pro dan kontra Ahok saling Bersahutan berorasi.

Kubu kontra Ahok berorasi mengkritisi pemerintah karena melakukan kebijakan dan penegakkan hukum yang diskriminatif. Mereka hanya berorasi sambil membawa bendera-bendera simbol Islam.

Sementara kubu Pro Ahok, mereka membuat sebuah tugu dari kayu bertuliskan “Tugu Keadilan” setinggi sekitar 4 meter, yang diatasnya dipasang sebuah timbangan sebagai simbol keadilan.

Tugu tersebut dibawahnya dikelilingi bunga-bunga Mawar berwarna merah dan putih. Selain itu, massa pro Ahok ini membawa poster dan spanduk bertuliskan “Bebaskan Ahok”.

Di kubu Ahok ini tidak banyak berorasi, tetapi lebih sering mendengarkan lagu-lagu yang diputar keras dan sesekali mereka berjoget dan berfoto-foto sambil memegang bunga dan mengibarkan bendera merah putih.

Aparat keamanan yang berjaga juga sudah mulai bersiap-siap dengan peralatan anti huru hara. Pelindung-pelindung tubuh mulai dipasang, mengingat sidang pembacaan vonis kemungkinan akan berakhir dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pasca sidang berakhir nanti.

Tetapi secara keseluruhan, untuk detik ini sidang maupun unjuk rasa berlangsung aman dan tertib.(faz/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
33o
Kurs