Selasa, 7 Mei 2024

Surabaya Berkembang, PDAM Surya Sembada Optimalkan Sambungan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kran air langsung minum di Rumah Air Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

PDAM Surya Sembada bakal mengoptimalkan serta memaksimalkan penyambungan instalasi air minum di rumah-rumah warga kota Surabaya seiring dengan semakin bertambahnya jumlah jiwa serta berkembangnya jumlah pemukiman dan perumahan di Surabaya.

Sayid M. Iqbal Sekretaris Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada membenarkan bahwa pihaknya juga memiliki target untuk memenuhi kebutuhan sambungan air minum bagi warga kota Surabaya.

“Target diakhir 2019 nanti memang harus 100% bisa melayani penyambungan layanan air minum ke masyarakat. Bisa jadi memang tidak terealisasi seiring dengan terus bertambah dan berkembangnya penduduk, jiwa serta pemukiman di Kota Surabaya,” ujar Sayid M. Iqbal.

Bertambahnya jumlah pemukiman saat ini saja di Kota Surabaya sudah sangat luar biasa. Banyak kawasan di Surabaya berubah menjadi pemukiman baru. Padahal dimasa lalu, Surabaya masih punya banyak lahan atau kawasan bukan perumahan dan pemukiman.

Lalu Iqbal mencontohkan beberapa kawasan yang dulunya adalah lahan kosong dan tambak, kini berubah menjadi pemukiman baru. Kawasan itu berubah menjadi kawasan penuh dengan rumah dan apartemen.

Berdasarkan data yang pernah dibacanya, tahun 2017 ini saja tercatat sekurangnya 2 juta lebih jiwa sudah terpenuhi kebutuhan atas layanan air bersih. Dan itu diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan terus bertambahnya jumlah penduduk, serta bertambahnya jumlah pemukiman.

“Dan jika 1 sambungan layanan air bersih tersebut digunakan untuk 5 jiwa, sesuai standar yang dibuat oleh PU, maka perkiraan kami di tahun 2017 ini, sekurangnya 4% saja kekurangan kami dalam melayani masyarakat terkait tersedianya air bersih. Tapi faktanya pertambahan jumlah perumahan terus terjadi,” ujar Iqbal.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs