Jumat, 26 April 2024

Surabaya Punya Taman Bicara untuk Warga Disabilitas

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya bersama anak penyandang disabilitas di halaman Balai Kota Surabaya, Rabu (31/5/2017) bertepatan Hari Jadi Kota Surabaya ke-724. Foto: Denza suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya meresmikan taman bicara di halaman Balai Kota Surabaya, Rabu (31/5/2017) bertepatan Hari Jadi Kota Surabaya ke-724.

Saat peresmian taman ini, Risma mengajak beberapa pelajar Sekolah Luar Biasa YPAB Tegalsari agar mencoba fasilitas yang ada di taman.

Ada 14 sensor gerak, tersebar di beberapa ruas taman, yang akan bereaksi memutar suara, ketika ada orang melintas di sekitar sensor itu.

Taman ini, sangat bermanfaat bagi orang-orang penyandang tunanetra seperti para siswa SLB YPAB Tegalsari.

“Saya sebagai wali kota harus adil. Saya bikin taman, anak-anak yang normal senang, tapi anak yang punya kebutuhan berbeda ini tidak bisa menikmati,” katanya.

Karena itulah dia berinisiatif membuat taman itu berbicara. Ada rekaman yang menceritakan apa saja tanaman yang ada di sekitar pejalan kaki.

Risma mengakui, investasi untuk taman bicara ini tidak murah. Karena itu penempatannya di balai kota, agar terjamin keamanannya.

“Ke depan, kami akan menambah fasilitas taman bicara ini. Misalnya permainan air, yang memang relevan dengan kondisi para penyandang disabilitas,” katanya.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs