Selasa, 30 April 2024

Surabaya akan Menerima Empat Penghargaan Internasional Akhir Tahun Ini

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Walikota Surabaya saat berbicara di depan pimpinan media di rumah dinas Walikota. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Surabaya akan menerima 4 penghargaan internasional untuk pembangunan kota masa depan. Penghargaan ini akan diberikan di akhir tahun ini secara berturut-turut.

Tri Rismaharini Walikota Surabaya mengatakan, pada 18 September ini, Surabaya akan menerima penghargaan Learning City dari UNESCO untuk kategori kota di dunia. Risma juga akan diminta presentasi dalam penerimaan penghargaan itu.

Kemudian, pada akhir Oktober akan mendapatkan penghargaan Global Green City dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“Awalnya, saya waktu itu jadi pembicara di PBB, terus hasilnya ternyata Surabaya jadi finalis. Tadi malam saya dikabari kalau Surabaya sudah jadi pemenangnya,” ujarnya usai bertemu dengan beberpa pemimpin media di rumah dinas Walikota, Rabu (13/9/2017).

Penghargaan berikutnya, kata Risma, akan diterima pada bulan November Pemkot di Turin Azerbaijan, Surabaya meraih juara II untuk kategori tata kota. Berikutnya, Pemkot telah menyiapkan menjadi Finalis The Lee Kuan Yew Award 2017. Sebab, pada tanggal 25-27 September tim juri dari Singapura akan datang ke Surabaya.

“Kalau The Lee Kuan Yew Award 2017 itu lengkap, ada masalah sosial dan sebagiannya. Nanti kami menyiapkan untuk penilaian,” katanya.

Menurut Risma empat penghargaan internasional yang akan diraih Surabaya berturut-turut itu karena beberapa indikator prestasi. Diantaranya, soal penghijaun, pemukiman, tata kota, dan penyelesaian masalah sosial ekonomi di kota Surabaya. (bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs