Sabtu, 18 Mei 2024

Suroboyo Bus Jadi Angkutan Bebas Hambatan Traffic Light

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Angkutan Suroboyo Bus ini nantinya terintegrasi dengan sistem teknologi di SITS sebagai bus priority. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Irvan Wahyudrajad Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya angkutan Suroboyo Bus ini nantinya terintegrasi dengan sistem teknologi di SITS sebagai bus priority.

Saat bus mendekati traffic light maka otomatis lampu traffic light akan menyala hijau. Inilah yang disebut bus priority, memprioritaskan angkutan umum.

Irvan mengatakan, bus ini juga dilengkapi GPS sehingga di masing-masing halte, calon penumpang bisa melihat posisi bus yang akan dinaiki.

“Calon penumpang bisa melihat informasi tentang posisi bus yang akan dinaiki,” katanya.

Selain itu, kata Irvan, melalui sistem on board unit, penumpang melakukan pembayaran pakai elektronik (seperti parkir meter). Bus ini tidak menerima transaksi tunai, jadi sistem transaksi elektronik.

“Nanti khusus pelajar ada kebijakan tertentu, ada diskon khusus,” katanya.

Lalu kapan bus ini bisa dinikmati masyarakat? Irvan mengatakan, awal tahun 2018 mulai akan difungsikan. Saat ini masih membentuk organisasinya dan tengah dibahas tarifnya. Rutenya, rencananya dari Terminal Purabaya (Bungurasih) – Joyoboyo-TP-Siola. (bid/dwi)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs