Minggu, 19 Mei 2024

Tanggul Anak Sungai Sadar Jebol, Tiga Desa di Mojokerto Terendam Banjir

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Sebanyak tiga desa di kabupaten Mojokerto terendam banjir, Selasa (21/2/2017) pagi. Foto: Upik via @e100ss

Sebanyak tiga desa di kabupaten Mojokerto terendam banjir, Selasa (21/2/2017) pagi. Ketinggian banjir antara 50-70 cm bahkan ada yang mencapai 1 meter.

Didik Soedarsono anggota PMI Mojokerto mengatakan, banjir ini dipicu hujan deras yang mengguyur sejak Senin (20/2/2017) malam yang berdampak pada jebolnya dua tanggul di dua anak sungai Sadar yakni di Desa Salen dan Sememi.

“Hari Sabtu malam kemarin memang sudah ada peningkatan debit air kemudian Minggu malam makin naik. Senin kemarin sudah agak surut dan semalam air datang lagi karena guyuran hujan deras,” kata Didik saat dihubungi suarasurabaya.net.

Didik menjelaskan, tiga desa yang terendam banjir yakni tiga dusun di Desa Gebang Malang, dua dusun di Desa Sumberjato dan dua dusun di Desa Kepuhanyar. Rata-rata ketinggian banjir 50-70 cm. Sedangkan banjir yang menggenangi Dusun Sumberwaru ketinggiannya mencapai lebih dari 1 meter.

“Saat ini petugas terus menyisir lokasi yang terdampak banjir untuk melakukan evakuasi pada korban banjir usia rentan atau sakit. Sedangkan untuk korban banjir lainnya bisa melakukan evakuasi mandiri ke balai desa setempat atau ke rumah saudara masing-masing yang tidak terdampak banjir,” ujar dia.

Didik menambahkan, siang nantgi BPBD Mojokerto juga akan mendirikan dapur umum di posko utama. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
26o
Kurs