Senin, 29 April 2024

Tangkal Penyebaran HIV, Prajurit Pasmar-1 Ikuti STBP 2017

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Saat pelaksanaan STBP oleh tim Pusat Kesehatan TNI. Foto: Dispen Kormar

Mencegah dan menekan penyebaran HIV, Prajurit Pasmar-1 ikuti Survey Terpadu Biologis dan Prilaku (STBP) 2017 oleh tim dari Pusat Kesehatan (Puskes) TNI, di Balai Prajurit (Bapra) Pasmar-1, Kesatrian Marinir Moekijat Gedangan, Sidoarjo, Selasa (22/8/2017).

Kegiatan ini dipimpin drg. Sarah Edvine sebagai Analis Madya Bidang Kuatkes Kemhan berserta Tim dari Puskes TNI, diikuti prajurit Pasmar-1, yang dijadwalkan berlangsung selama 2 hari, mulai 22 – 23 Agustus 2017 di Bapra Pasmar-1.

Dalam kesempatan tersebut, drg. Sarah Edvine selaku Ketua Tim mengatakan, tujuan STBP adalah menentukan prevalensi HIV dan Sifilis dilingkungan TNI, menentukan kecenderungan prevalensi HIV, Sifilis dan perilaku prajurit TNI di 6 wilayah yaitu Kepri, DKI, Jabar, Jatim, Bali dan Papua.

Juga untuk menentukan tingkat pengetahuan dan persepsi tentang penularan dan pencegahan HIV, IMS dan TB di lingkungan TNI, menentukan tingkat prilaku berisiko tertular/menularkan HIV dan IMS dilingkungan TNI dan mengukur cakupan intervensi pengendalian HIV dan IMS serta dampaknya di lingkungan TNI.

“Tahapan STBP ini, dimulai dengan pengecekan data Antroprometri, berupa penimbangan dan pengukuran tinggi badan, dilanjutkan pengecekan data Biologis berupa pengambilan sample darah, serta diakhiri dengan pengecekan data perilaku berupa pengisian data pribadi,” terang drg. Sarah Edvine.

Kegiatan STHP ini, diharapkan akan meningkatkan pengetahuan Prajurit tentang bahayanya penyakit HIV dan penularannya.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs