Jumat, 26 April 2024

Tas Lokal Dengan Lukisan Diminati Manca Negara

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Anang Affandi menggoreskan karyanya pada tas produk lokal Surabaya yang diminati manca negara. Foto: Totok suarasurabaya.net

Di atas meja kerja dibagian dalam ruangan tidak terlalu luas, bersebelahan dengan ruang produksi, tangan Anang Affandi terus menggoreskan cat acrilic di atas selembar kanvas warna putih. Sesekali matanya menatap tajam pada bagian kanvas yang sedang dilukis.

“Yang ini memang tergolong premium. Karena selain tasnya memang buatan tangan, lukisan yang jadi bagian dari tas ini juga dikerjakan secara manual. Seluruhnya manual, handmade. Ini yang banyak dipesan manca negara,” kata Anang Affandi.

Deretan tube cat acrilic berserakan diatas meja kerja Anang Affandi yang tidak lain adalah satu di antara putera maestro lukisan Indonesia almarhum Affandi. Menggunakan kanvas khusus yang didatangkan khusus dari Jerman, Anang Affandi menorehkan karyanya.

Warna-warna seperti kuning, cokelat, merah, dan biru mendominasi warna-warna yangditampilkan Anang Affandi diatas karyanya yang memang dibuat secara khusus untuk menambah keindahan sekaligus nilai jual tas produk Huraira Leather bags.

“Harganya dikisaran 4 juta rupiah. Tapi bisa lebih kalau memang size tasnya besar dan lukisannya juga menggunakan kanvas yang lebar. Yang pasti ada banyak obyek lukisan dan tentunya jadi banyak pilihan motif dan model lukisannya,” ujar Anang Affandi.

Ditemui di tempat terpisah, Siti Huraira owner Huraira Leather Bags membenarkan bahwa produk miliknya yang dilengkapi dengan lukisan tangan karya Anang Affandi banyak digemari dan diminati warga negara asing dan turis manca negara.

“Goresan mas Anang (Anang Affandi) memang beda. Dibandingkan dengan karya seniman lain, sepertinya beda memang. Dan akhirnya tas kami jadi semakin indah dan menawan tampilannya. Dan biasanya konsumen barang premium itu selain selektif, jika mungkin tidak sama,” kata Siti Huraira.

Konsumen atau masyarakat yang memang memilih produk premium, lanjut Siti Huraira, akan rela merogoh koceknya agak dalam jika produk yang diiinginkan terbatas dan tidak dibuat secara masiv.

“Semakin premium, biasanya semakin terbatas, dan tidak diproduksi banyak, makin diminati,” ujar Siti Huraira.

Dari catatan penjualan, tas dengan tampilan sentuhan lukisan Anang Affandi yang diproduksi Huraira Leather Bags, menunjukkan peningkatan. “Beberapa negara minta kami rutin mengirim produk ke mereka. Yang banyak memang individu,” kata Siti Huraira, Rabu (8/3/2017).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs