Rabu, 18 Mei 2022

Tetap Tenang Hadapi UNBK, Jangan Percaya Bocoran Soal

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Suasana pelaksanaan UNBK Foto : Totok/Dok. suarasurabaya.net

Memasuki hari kedua pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2017 untuk sekolah menengah kejuruan (SMK), kepada peserta ujian diminta tetap tenang menghadapi ujian serta tidak perlu percaya adanya kabar bocoran soal ujian.

Hal itu disampaikan M. Bahrun Ketua Musyawarah Kerja SMK se Surabaya, menyoal kabar tentang bocoran soal ujian yang selalu muncul disaat ujian nasional digelar.

“Tetap tenang ujian. Tidak perlu percaya kalau ada bocoran soal naskah ujian. Persiapkan diri sendiri, belajar, bedoa, dan tidak perlu menanggapi isu bocoran soal ujian,” kata Bahrun.

Selasa (4/4/2017) merupakan hari kedua pelaksanaan UNBK 2017 untuk SMK mengujikan Bahasa Inggris. Sekitar 843 siswa SMKN 1 Surabaya dipastikan mengikuti ujian hari ini dalam 3 gelombang.

M. Bahrun menambahkan, bahwa kesiapan siswa mengikuti ujian kali ini memang lebih berat dibanding tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan perangkat komputer yang ada lebih siap.

“Karena persiapan perangkatnya memang lebih fokus dibandibgkan sebelumnya. Oleh karena itu, siswa harus lebih siap. Kalau tidak justru akan membuat siswa kerepotan,” ujar Bahrun.

Dan Bahrun juga berpesan agar siswa tetap tenang jika saat ujian terjadi kendala pada komputer masing-masing. “Tetap tenang, langsung laporkan pengawas agar segera mendapat penanganan. Tidak usah bingung,” pungkas Bahrun.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Jalan Tambak Osowilangon Macet

Jalan Ahmad Yani Surabaya Pada Petang Hari

Kemacetan di Ketintang Arah Jalan Karah

Rabu, 18 Mei 2022
Kurs