Minggu, 19 Mei 2024

Tol Sumo Akan Diresmikan Sebelum Natal

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Foto: Pemprov Jatim

Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) meski telah tuntas dikerjakan sejak November lalu sampai saat ini belum juga diresmikan. Hal ini mengingat jadwal Joko Widodo Presiden yang sangat padat.

Soekarwo Gubernur Jatim mengatakan, seharusnya peresmian tol ini dijadwalkan pada 7 Desember ketika Presiden RI berkunjung ke Blitar. Saat itu diharapkan, Presiden bisa mampir sejenak untuk meresmikan Tol Sumo.

Tapi karena kesibukannya, presiden yang akrab disapa Jokowi itu mewakilkan kunjungan ke Blitar kepada Puan Maharani Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Soekarwo Gubernur Jatim berharap, peresmian Tol Sumo ini bisa dilakukan secepatnya sebelum tahun 2017 berakhir.

“Sekarang (Tol) belum operasional. Tapi prediksinya sebelum tanggal 25 Desember nanti sudah diresmikan dan sudah bisa digunakan,” kata gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo.

Pakde Karwo mengatakan, keberadaan Tol itu bukan tidak mungkin akan memperlancar arus lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru 2017 bila diresmikan sebelum Natal.

Sebelumnya, harapan agar peresmian tol ini dilakukan dalam waktu dekat juga disampaikan oleh Gatot Sudjito Anggota Komisi V DPR RI saat melakukan kunjungan kerja ke Surabaya beberapa waktu lalu.

Gatot berharap Jokowi Presiden segera meresmikan Tol Sumo itu sebelum libur panjang akhir tahun 2017. “Kami sudah ke sana dan memantau, hasilnya sudah bisa dioperasionalkan serta dilewati kendaraan umum,” kata Gatot.

Gatot memprediksi akan terjadi kepadatan di sejumlah ruas jalan saat memasuki masa akhir tahun. Dengan dioperasikannya Tol Sumo, dia mengatakan, kepadatan lalu lintas bisa terurai.

“Perjalanan Surabaya ke Krian bisa ditempuh dalam waktu 15 menit dengan adanya Tol Sumo ini. Kemudian Krian ke Kertosono kurang dari 30 menit,” ujarnya.

Selain itu, jarak Surabaya ke Kertosono, dengan adanya tol itu, bisa ditempuh hanya dalam waktu 45 menit perjalanan dan dia harapkan akan terus tersambung hingga Ngawi, Madiun, dan Solo.

“Kalau sudah tersambung maka jarak Surabaya ke Madiun paling lama dua jam. Ini akan menjadi capaian luar biasa dari segi infrastruktur. Kami berharap Presiden atau minimal Menteri Perhubungan segera meresmikannya,” ujarnya.

Hasil pantauan Anggota Komisi V, sejumlah fasilitas dan kelengkapan Tol Sumo sudah memasuki tahap akhir sehingga bisa dilalui kendaraan umum. Semua fasilitas sudah terpasang, hanya menyisakan pintu tol Driyorejo, Gresik yang masih di tahap pengerjaan.(den/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs