Sabtu, 27 April 2024

Trump Resmi Calonkan Jerome Powell Pimpin Federal Reserve

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Donald Trump Presiden AS. Foto: Antara

Donald Trump Presiden Amerika Serikat resmi mencalonkan Jerome “Jay” Powell untuk mengetuai bank sentral AS, Federal Reserve, Kamis (3/10/2017).

Trump menyebut mantan bankir investasi itu sebagai orang yang bijaksana dan cerdas untuk memandu negara berperekonomian terbesar di dunia itu.

Trump memutuskan tidak memilih kembali Janet Yellen bos Federal Reserve saat ini yang merupakan perempuan pertama yang memandu kebijakan moneter AS, kendati memuji manajemen perempuan ini yang hebat dalam mengatur perekonomian AS selama empat tahun terakhir.

“Dia kuat. Dia punya tekad. Dia cerdas,” kata Trump menyangkut Powell dalam seremoni di Rose Garden, Gedung Putih. “Dia telah membuktikan diri sebagai pembangun konsensus.”

“Berdasarkan rekam jejaknya, saya yakin Jay bijaksana dan punya kepemimpinan untuk mengawal perekonomian kita melewati berbagai tantangan yang dihadapi perekonomian besar negeri kita,” kata Trump, kutip Antara, Jumat (3/10/2017).

Para analis menilai Trump berusaha mengubah bank sentral tanpa terlihat mengganggunya dengan memilih Powell.

“Powell membuat Trump bisa mengubah kepemimpinan The Fed tanpa mengubah strategi mendasar kebijakan moneter. Strategi sudah terbukti berhasil,” kata Tim Duy ekonom dasri Universitas Oregon.

Dengan memilih Powell yang berusia 64 tahun dan juga seorang republiken, Trump telah mengambil pendekatan yang tidak terlalu radikal.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs