Sabtu, 1 Juni 2024

Ultah ke 32, Devi Santap Sajian Spesial

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ulang tahun ke 32 tahun, Devi satu diantara Kudanil Kerdil KBS santap sajian spesial. Foto: Humas PDTS KBS.

Memasuki ulang tahunnya yang ke 32 tahun Rabu (15/3/2017), Devi Kudanil Kerdil, satu diantara satwa koleksi Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya, mendapat sajian menu spesial yaitu: Wortel, Kacang Panjang dan Pisang.

“Karena pada hari-hari biasa, Devi hanya menyantap rumput kremah. Dan di hari spesial hari ini, Devi diberikan sajian spesial. Ada Wortel, Kacang Panjang dan Pisang. Sekaligus ini hadiah ulang tahunnya,” terang Laily Widya Arishandi Humas PDTS KBS.

Secara khusus para keeper memberikan makanan khusus tersebut pada sebuah wadah terbuat dari kayu yang diletakkan di kandangnya yang berukuran 5 x 15 meter. Para keeper adalah orang-orang yang berada didekat Devi dan tahu perkembangannya.

Devi adalah jenis Kudanil Kerdil atau Pygmy Hippopotamus yang berasal dari sebuah kebun binatang di Singapura. Devi kemudian dipindahkan ke kebun binatang surabaya pada umur 2 tahun dengan harapan menjadi darah segar (fresh blood) mencegah perkawinan sedarah.

Devi di KBS berkembang biak sesuai harapan. Devi melahirkan 4 Kudanil Kerdil lainnya, masing-masing bernama Leny umur 16 tahun, Anom umur 14 tahun, Mery umur 11 tahun dan Uswatun Khasanah berusia 3 tahun. Hingga hari ini Kudanil Kerdil di KBS berjumlah 5 ekor.

Sebagai satu diantara ucapan dan rasa syukur ulang tahun Devi, manajemen PDTS KBS menawarkan beberapa paket kepada masyarakat. “Ada pin limited edition, selvie di kandang Devi dan 10 tiket masuk ke KBS,” tambah Laily.

Sementara itu, disampaikan Chairul Anwar Direktur Utama PDTS KBS, bahwa dengan kegiatan peringatan ulang tahun Devi Kudanil Kerdil menjadi langkah awal perubahan bagi KBS menjadi lebih baik.

“Semoga KBS menjadi lebih baik lagi. Kami terus berupaya membuat pengunjung nyaman, kerasan dan merasa aman,” pungkas Chairil Anwar pada suarasurabaya.net, Rabu (15/3/2017).(tok/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 1 Juni 2024
30o
Kurs