Senin, 29 April 2024

Usia Produktif Melanggar Aturan Lalu Lintas, Mencontoh Orang Dewasa yang Melanggar

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Polisi melakukan razia pelajar bersepeda motor di Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Diandra Marsha pemenang Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalulintas 2014 mengatakan, saat ini memang banyak iklan keselamatan berkendara tapi memang banyak yang tidak aware. Itu tidak lepas dari contoh orang dewasa yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

“Saya prihatin dengan teman-teman saya yang jadi korban kecelakaan. Makanya saya ikut mengkampanyekan keselamatan berkendara, dengan begitu saya nanti bisa mengajak mereka lebih tertib. Untungnya nggak susah,” kata Diandra pada Radio Suara Surabaya, Selasa (23/5/2017).

Diandra menceritakan, jika semasa SMA dulu dia sering melihat lalu lalang pelajar berboncengan tiga. Kemudian ada yang jatuh hingga terserempet truk dan lain-lain.

“Mayoritas mereka itu anggap, ah dekat ini…jadi dia nggak aware,” ujar dia.

Diandra terus mengingatkan terutama dari orang-orang terdekat terkait safety riding ini. “Pihak berwenang minta endorse influencer baik artis atau orang terkenal lainnya untuk melakukan hal-hal baik tertib berlalu lintas,” katanya.

Menanggapi hal ini, AKBP Ade Wiranegara Siregar Kasatlantas Polrestabes Surabaya menyambut baik ide soal endorse tokoh terkenal ini. “Butuh masukan juga kalau di Surabaya ini kira-kira siapa yang bisa kita manfaatkan untuk kampanye di car free day,” kata dia.

Duta Lantas seperti itu, kata dia, kadang juga masih dilibatkan dalam kegiatan kampanye lalu lintas. (dwi/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs