Minggu, 5 Mei 2024

Wagub Jatim Minta 10 Penyeberangan Perahu Tambang di Surabaya Dihentikan Sementara

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Perahu tambang yang pernah operasional di kawasan Semampir Surabaya beberapa tahun lalu. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Peristiwa terbaliknya perahu tambang di Wringinanom, Gresik menjadi pelajaran bagi masyarakat dan pemerintah.

Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jatim mengatakan, penyeberangan tambang tradisional dengan keamanan minim ini menurut ketentuan tidak boleh. Hanya saja karena penyeberangan tradisional ini sudah sejak lama ada, maka masih dibiarkan berlangsung dengan warning-warning tertentu dari pemerintah.

Menurut Gus Ipul, ada program pemerintah terkait pembangunan jembatan dan sandaran kapal penyeberangan. Jembatan akan dibangun untuk motor dicarikan yang lebih aman

Atas kejadian ini, sebanyak 10 perahu tambang (tambangan) di sepanjang Kali Surabaya akan dihentikan operasinya. Dengan adanya kejadian ini diharapkan ada percepatan program pemerintah untuk membangunkan jembatan penyeberangan.

“Saya minta ke Pak Lurah Sumberame untuk menghentikan penyeberangan yang lain,” kata Gus Ipul.

Sekadar diketahui, kejadian terbaliknya perahu tambang di Wringinanom ini mengakibatkan 12 penumpang dan kru tercebur ke sungai bersama 7 motor. Dalam pencarian, 8 korban ditemukan, 2 di antaranya meninggal dunia.

Saat ini tim SAR gabungan tengah mencari 4 korban lagi yaitu Kusnari, Nurkholis, Khoirun Nisa, dan Susriasih. (bid/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs