Minggu, 12 Mei 2024

10 Hektar Lahan Padi Organik di Batu Gagal Panen

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Antara

Sebanyak 10 hektar lahan padi organik milik petani di Batu mengalami gagal panen. Kejadian ini menimpa para petani padi organik di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Gagal panen semacam ini hampir terjadi setiap tahun. Penyebabnya, karena lambatnya irigasi di area penanaman padi organik.

Muji salah satu petani mengatakan padi gagal panen dipotong awal, dijual ke peternak. Meskipun begitu, tidak bisa menutup biaya perawatan padi selama ini.

“Irigasinya sulit, padinya mengering, jadi dipotong di awal, lalu dijual ke peternak, tapi ya tetap rugi,” kata Muji seperti disampaikan Viki dari Radio Tidar Sakti Batu dalam Jaring Radio Suara Surabaya, Kamis (29/11/2018).

Para petani termasuk Muji sudah mengadukan masalah ini ke Pemkot Batu sejak 6 tahun lalu, tetapi tidak ada respon sama sekali.

Menanggapi hal tersebut, Sugeng Pramono Kepala Dinas Pertanian Kota Batu, menyatakan untuk penambahan debit air irigasi sudah dilakukan survey, tapi dia tidak tahu kapan akan dilakukan penambahan saluran irigasi. (dim/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
26o
Kurs