Kamis, 25 April 2024

ASDP Ketapang Berlakukan Satu Pintu Masuk Ke Pelabuhan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pelabuhan Ketapang. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Untuk kelancaran angkutan libur natal dan tahun baru 2019, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memberlakukan satu pintu di dermaga Mobile Bridge (MB) Pelabuhan Ketapang Banyuwangi untuk jalur kendaraan bermotor yang akan menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk Bali.

Sebelumnya, diberlakukan dua jalur, yakni jalur khusus untuk kendaraan roda dua dan mobil sedan sejenis serta bus, masuk dan keluar melalui pintu dermaga MB dan ponton. Sedangkan untuk kendaraan besar seperti truk maupun tronton, melewati pintu dermaga Landing Craft Machine (LCM).

Solikin General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ketapang-Gilimanuk mengatakan, peraturan ini akan diberlakukan seterusnya.

“Pemberlakuan ini agar lebih steril, juga untuk memberikan kenyamanan kepada para pengguna jasa penyeberangan,” ungkapnya seperti laporan Rudi dari Radio Mandala Banyuwangi dalam Jaring Radio Suara Surabaya, Rabu (21/11/2018).

Seiring dengan digulirkannya kebijakan baru ini, lanjut Solikin, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melakukan perbaikan dan pembangunan jalur plengsengan dermaga LCM. Sehingga untuk sementara, akses ini ditutup total. Berbeda dengan melewati dermaga MB dan ponton, yang sudah tersedia jalur untuk bisa masuk ke dalam kapal.

Penutupan ini juga sekaligus untuk dilakukan perbaikan lahan parkir dan infrastruktur di area dermaga LCM. Solikin menambahkan, jika pembangunan plengsengan tersebut sudah selesai, maka jalur di dermaga LCM hanya dijadikan sebagai pintu keluar kendaraan bermotor. (nin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs