Minggu, 19 Mei 2024

Agen Safety Riding Akan Mendapat Pelatihan dari Instruktur Berpengalaman

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Agen Honda Safety Riding Kelana Kota 2017 memperagakan slalom di halaman Balai Kota Surabaya, Minggu (23/9/2018). Foto: Denza suarasurabaya.net

Empat orang agen keselamatan berkendara di ajang Honda Safety Riding tahun lalu sudah menyampaikan pengalamannya di panggung pembukaan Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya 2018.

Empat agen ini antara lain Rudi dari Kampung Ngagel Rejo, Iqbal dari Kampung Kejawan Gebang, Fibri dari Barata Jaya, dan Heri dari Kampung Miniagro Wisata Pondok Benowo Indah.

Mereka mengakui, mengajak warga untuk sadar menjaga keselamatan diri sendiri saat berkendara memang penuh tantangan.

Bagaimanapun juga, selama mengikuti Safety Riding Kelana Kota Surabaya, mereka mengaku sangat beruntung mendapatkan pengetahuan baru yang bermanfaat.

Agen dari masing-masing kampung peserta acara ini memang dilatih secara khusus oleh para instruktur dari MPM Safety Riding Center.

Tidak sembarang instruktur. Pelatih mereka adalah instruktur berpengalaman yang telah mengenyam pendidikan di Jepang.

Ada Dimas dan Fendrix, dua Instruktur Safety Riding yang sudah dua kali mengenyam pendidikan di Jepang dan mengikuti kompetisi Safety Riding internasional mewakili Indonesia.

Dimas mengakui kesadaran cari aman saat berkendara warga Indonesia sangat berbeda dengan warga Jepang.

Di Jepang, masyarakatnya sudah sadar tentang komponen keselamatan berkendara saat mengendarai kendaraan roda dua.

Helm, jaket, dan sarung tangan sudah menjadi kelengkapan standar saat berkendara jauh maupun dekat.

Di Indonesia memakai helm saja seperti tidak menjadi keharusan. Apalagi kalau tidak ada polisi. Padahal helm ini adalah komponen keselamatan bagi diri mereka sendiri.

Fendrix, instruktur lainnya mengatakan, pelajaran dari pelatihan safety riding di Jepang yang dia dapatkan, dia diajari menyampaikan pengetahuan sebagai seorang instruktur dengan hati.

Dimulai dengan kesadaran bahwa setiap elemen perlengkapan keselamatan berkendara itu sangat penting dan tidak boleh diremehkan.

Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya 2018 ini adalah ajang kampanye keselamatan berkendara yang digelar ketiga kalinya.

Akan ada agen-agen terpilih yang mendapatkan pelatihan dari para instruktur MPM Safety Riding Center agar menjadi duta keselamatan berkendara di kampung masing-masing.

Pendaftaran agen ini masih dibuka sampai Senin (24/9/2018). Agen terpilih akan bersaing satu sama lain dalam hal kreativitas untuk menularkan kesadaran keselamatan berkendara ke warga di kampung masing-masing.
Ada hadiah menarik senilai puluhan juta rupiah/ yang akan menanti mereka.

Acara ini dipersembahkan MPM Honda, Suara Surabaya Media, Pemkot Surabaya, dan Polrestabes Surabaya.(den/iss)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs