Kamis, 25 April 2024
Pengerjaan Koneksi Pipa di Pegirian

Aliran Air Pelanggan PDAM di Surabaya Utara Mampet

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Pengerjaan koneksi pipa 500 mm di rumah pompa Pegirian, Surabaya. Foto: Humas PDAM Surabaya

Aliran air pelanggan PDAM di kawasan Surabaya Utara akan mengecil bahkan tidak mengalir pada Kamis (6/9/2018) ini. Gangguan aliran air ini merupakan dampak dari pengerjaan koneksi pipa 500 mm di rumah pompa Pegirian.

Agus Subagyo Manajer Humas PDAM Surya Sembada menjelaskan, wilayah Surabaya Utara yang terdampak diantaranya Bulakbanteng, Wonokusumo Lor, Wonosari, Wonosari RSS, DBAL, RS. Al Irsyad, Endrosono, Jati Srono, Jati Purwo, Sawah Pulo, Sidotopo, Kertopaten, Nyamplungan, Ampel, Walikota Mustajab, Pengampon, Ahmad Jais, Gembong, Simolawang, Pecindilan, Simokerto, Kapasan, Sidodadi dan sekitarnya.

Agus menjelaskan, pekerjaan koneksi pipa 500mm di Rumah Pompa Pegirian ini tingkat kesulitannya sangat tinggi, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya.

Pekerjaan juga belum bisa selesai sesuai rencana awal (selesai hari Kamis (6/9/2018) pukul 05.00 WIB, red). Karena ada beberapa kendala teknis yang dialami saat melakukan pekerjaan tersebut.

“Semua petugas, sudah bekerja maksimal untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Sampai saat ini, mereka bekerja sudah 3 kali 24 jam bekerja tanpa henti untuk segera menyelesaikan pekerjaan ini,” tegas Agus.

Salah satu faktor kesulitannya, lanjut dia, adalah menguras air yang berada dalam galian sedalam kurang lebih 3 meter. Walaupun sudah dikuras menggunakan 20 pompa sentrifugal dan summersible, genangan airnya lama surut sehingga menyulitkan petugas untuk melakukan koneksi pipa.

“Jika pekerjaan koneksi ini selesai, maka pekerjaan Rumah Pompa Pegirian akan lebih mudah dan cepat selesai,” ujarnya.

Rumah Pompa Pegirian ini nantinya sebagai reservoir yang berfungsi untuk menambah tekanan di beberapa kawasan di Surabaya Utara, seperti Bulakbanteng, Kenjeran, Wonosari, Wonokusumo, Pegirian, dan beberapa kawasan lainnya, sehingga distribusi airnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Saya mewakili jajaran Direksi dan Manajemen meminta maaf kepada pelanggan yang berada dikawasan Surabaya Utara yang terdampak pengerjaan ini,” kata Agus.

Sementara itu, sebagai bentuk tanggung jawab untuk mendistribusikan air ke pelanggan, PDAM Surya Sembada mengirimkan air tangki secara gratis tanpa dipungut biaya yang bisa dipesan melalui call center 08001926666. Total armada tangki yang digunakan untuk mendistribusikan air tersebut sebanyak 17 mobil tangki.

“Jika ada petugas yang mengirim air tangki meminta uang, silahkan laporkan kepada kami melalui beberapa kanal pengaduan dan informasi yang kami sediakan,” tegas Agus. (dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs