Jumat, 29 Maret 2024

Apresiasi Wayang Kulit, Gelar Periodik Undang Generasi Muda

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pementasan Wayang Kulit di pendopo Taman Budaya Jawa Timur. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Taman Budaya Jawa Timur (TBJ) menggelar pertunjukan Wayang Kulit, Sabtu (1/12/2018) sebagai bagian dari pagelaran periodik pertunjukan seni budaya, sekaligus upaya melestarikan kekayaan tradisi Nusantara.

“Oleh karena itu, kami mengundang masyarakat untuk hadir menyaksikan berbagai pertunjukan kesenian tradisional, dari Jawa Timur, diantaranya Wayang Kulit khususnya maupun bentuk kesenian lainnya dari Nusantara pada umumnya,” terang Sukatno Kepala UPT Tamana Budaya Jawa Timur.

Selain sebagai bagian dari pagelaran periodik, ditegaskan Sukatno bahwa penampilan berbagai kesenian tradisional tersebut sebagai upaya melestarikan keberadaan seni budaya tradisional Nusantara.

Paling tidak, lanjut Sukatno dengan penampilan atau pagelaran secara periodik aneka kesenian dan kebudayaan Nusantara ini, masyarakat masih dapat menyaksikannya secara langsung.

“Seiring perkembangan teknologi masyarakat juga maju. Jangan sampai seni budaya tradisional milik kita sendiri, malah tidak dikenali masyarakatnya. Generasi muda juga perlu menyaksikan kesenian-kesenian tradisional ini. Karena ini penting,” tegas Sukatno.

Sabtu (1/12/2018) diagendakan tampil Ki Ardi Purbo Antono dari Kota Malang yang akan menampilkan lakon Satriya Pinandhita, din pendapa UPT Taman Budaya Jawa Timur Jl. Gentengkali, Surabaya.

“Pertunjukan kami mulai sekitar pukul 19.00 wib, masyarakat serta generasi muda yang ingin menyaksikan pertunjukan Wayang Kulit silahkan hadir. Pertunjukan ini tidka dipungut biaya, monggo silahkan hadir,” pungkas Sukatno.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs