Selasa, 7 Mei 2024

Armida Alisjahbana Ditunjuk PBB Sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi di UNESCAP

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Armida Alisjahbana. Foto: dok. Unpad

Antonio Guterres Sekretaris Jenderal PBB, mengumumkan pengangkatan Armida Salsiah Alisjahbana dari Indonesia sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Asia dan Pasifik (UN ESCAP) menggantikan Shamshad Akhtar dari Pakistan.

UNterESCAP merupakan perwakilan regional PBB untuk kawasan Asia Pasifik yang berkedudukan di Bangkok, Thailand. Beranggotakan 53 negara Asia Pasifik, UNESCAP merupakan perwakilan regional PBB terbesar diantara 5 perwakilan PBB lainnya di dunia.

Dilansir dari laman resmi Kemenlu, Armida Alisjahbana merupakan perwakilan Indonesia ke-3 yang menjadi Sekretaris Eksekutif, yaitu Adrianus Mooy (1995-2000, mantan Gubernur Bank Indonesia) dan J.P. Maramis (1973-1981, mantan Duta Besar RI untuk PBB).

UNESCAP bertugas untuk mempromosikan analisis yang ketat dan pembelajaran setara atau peer learning dalam isu ekonomi & sosial yang menjadi fokus kerja ESCAP. Selain itu juga menerjemahkan temuan-temuan ke dalam dialog dan rekomendasi kebijakan dan memberikan praktik pembangunan yang baik, berbagi pengetahuan dan bantuan teknis kepada negara-negara anggota dalam pelaksanaan rekomendasi ini.​

Armida Alisjahbana saat ini adalah Profesor Ekonomi di Universitas Padjadjaran, Bandung. Beliau bergabung dengan Universitas Padjadjaran sebagai dosen pada tahun 1988. Disisi lain ia juga Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas pada tahun 2009-2014, dan sekaligus mengetuai Global Partnership for Effective Development Cooperation selama dua tahun pada 2012-2014.

Tidak hanya itu saja, Armida juga pernah mewakili Indonesia sebagai gubernur pengganti di Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia, dan pada tahun 2016. Lalu menjadi anggota tim independen untuk mendukung Dialog ECOSOC tentang posisi jangka panjang dari Sistem Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam konteks Agenda 2030 tentang Pembangunan Berkelanjutan.

Armida bahkan pernah dianugerahi Bintang Mahaputra Adipradana, brevet kehormatan dari Angkatan Laut Indonesia dan sayap penerbangan kehormatan dari Angkatan Udara Indonesia.(tin/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
27o
Kurs