Senin, 29 April 2024

Awal Musim Hujan, BMKG Imbau Waspadai Hujan Disertai Petir

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi hujan disertai petir dan angin kencang. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, Kamis (29/11/2018) menyatakan sebagian besar wilayah di Jawa Timur diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas rendah maupun tinggi.

Kepada suarasurabaya.net, Ari Prakirawan BMKG Juanda mengatakan ada beberapa hal yang perlu diwaspadai diantaranya hujan lebat disertai petir hingga angin kencang.

“Memasuki musim hujan memang kita harus waspada cuaca ekstrem bisa datang kapan saja. Terutama petir, ini karena awan Cumulonimbus memang pada musim penghujan cukup aktif,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, awan Cumulonimbus (CB) saat memasuki musim penghujan biasanya akan mengumpul dan terbentuk lebih banyak. Awan ini yang menyebabkan reaksi elektrik yang biasanya kita sebut petir.

“Ini berpotensi menyebar di seluruh wilayah Jawa Timur. Biasanya, minimal berada di lapisan troposfer, sekitar 1.800 kaki atau 548 mdpl,” terangnya.

Sebelumnya, di laman BMKG Juanda telah terdapat imbauan sebagai berikut: “Waspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang, sore, atau malam hari di wilayah : Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Surabaya, Sidoarjo, Nganjuk, Madiun, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Jombang, Kota Batu, Malang, Kepanjen, Kabupaten Blitar, Kediri, Tulungagung, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi.” (dim/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs