Minggu, 5 Mei 2024

BPBD Sleman Siapkan Armada Untuk Evakuasi Sekolah di Lereng Merapi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Warga melintasi jalan yang diselimuti abu vulkanik letusan Gunung Merapi di Muntilan, Jawa Tengah, Kamis (24/5/2018). Foto: Antara

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan pendampingan di sekolah-sekolah di kawasan lereng Gunung Merapi, Sabtu (26/5/2018).

“Kami juga menyiapkan sejumlah armada untuk evakuasi di sekolah-sekolah tersebut,” kata Makwan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman.

Menurut dia, sekolah-sekolah yang mendapatkan pendampingan tersebut yakni SD Sanjaya Tritis, SD Kaliurang 1, SD Kaliurang 2, SD Srunen, SD Kepuharjo, SD Umbulharjo, SD, Glagaharjo.

“Kami juga melakukan patroli kawasan di wisata di lereng Merapi serta melakukan pantauan di lokasi penambangan pasir galian C di Sungaui Gendol,” katanya dilansir dari Antara

Ia mengatakan, BPBD Sleman bersama dengan Dinas Sosial dan Baznas Kabupaten Sleman juga melakukan droping logistik ke titik kumpul warga di Balai Desa Glagaharjo dan rumah Heru Susanto di Dusun Tritis.

“Jumlah warga yang berada di titik kumpul semalam yakni rumah Heru Susanto ada 71 jiwa dan di Balai Desa Glagaharjo 155 jiwa,” katanya.

Makwan mengatakan, sampai saat ini status aktifitas Gunung Merapi masih ‘Waspada’ atau Level 2.

“Hasil Pantauan visual Gunung Merapi melalui pengamatan langsung maupun CCTV berkabut atau tidak tampak, sedangkan pantauan seismik merapi ‘landai’ pada Sabtu pukul 00.01 hingga 07.00 WIB,” katanya.

Ia mengatakan, masyarakat tetap diimbau untuk tidak panik dan tetap beraktifitas seperti biasa serta meningkatkan kewaspadaan. Masyarakat juga disarankan untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) apabila beraktifitas di luar rumah. Perlindungan diri itu seperti memakai masker, kacamata, jaket, penutup kepala dan alas kaki.

“Ikuti arahan petugas yang ada dilapangan bila terjadi situasi darurat, berhati-hati dalam berkendara dan utamakan tertib lalu lintas,” katanya.(ant/tna/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
30o
Kurs