Jumat, 19 April 2024

Bamsoet Ingatkan Masyarakat Waspadai Eksploitasi Seksual Anak

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: Ghana suarasurabaya.net

Menyangkut dunia maya, Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua DPR RI memberi perhatian soal eksploitasi seksual terhadap anak, baik melalui jaringan maya maupun turisme seks anak. Ketua DPR mendorong Kepolisian RI bekerjasama dengan Kepolisian Internasional (Interpol) untuk mengusut tuntas masalah tersebut.

Menurut Bambang, masalah ini menjadi sangat krusial mengingat catatan Interpol di Indonesia, diperkirakan lebih dari 4,2 juta anak terlibat dalam pekerjaan berbahaya atau beresiko tinggi.

“Dan setiap harinya lima anak menjadi korban kejahatan eksploitasi seksual,” kata Bamsoet di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (1/3/2018).‎

Dia meminta Komisi Hukum DPR mendorong Polri secara kolaboratif bekerja sama dengan aparat penegak hukum di seluruh dunia guna memeranginya.

Menurut dia, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) bersama dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) harus memberi perhatian khusus kepada kelompok anak jalanan.

Kata Bambang, anak-anak jalanan lebih rentan terkena masalah ini. Mereka lebih rentan, baik fisik maupun psikologi dibandingkan anak-anak normal yang tinggal di rumah.

“Manfaatkan fasilitas rumah singgah secara lebih baik untuk mendidik mereka, baik secara moral maupun pendidikan,” katanya.

Pelaksanaan program pemberdayaan pengemis dan anak jalanan juga harus dievaluasi. Bamsoet mengusulkan ada penelitian untuk mengetahui tingkat keberhasilan Peraturan Daerah menyangkut hal tersebut.

Kementerian PPPA juga diminta Bambang berkomitmen mewujudkan kota layak anak di seluruh Indonesia secara merata. Mengingat sampai tahun 2017, baru 349 dari total 516 Kota/Kabupaten yang menginisiasi kota layak anak.

Tak lupa, kepada masyarakat, Bambang mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap anak dengan menciptakan lingkungan yang ramah anak.

“Serta tidak bersikap acuh terhadap kasus-kasus kejahatan eksploitasi tersebut,” tegas Bambang.(faz/bid/rst)‎

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs