Kamis, 25 April 2024

Banjir Luapan Sungai Kemuning Sampang Karena Air Laut Pasang

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Banjir karena luapan sungai Kemuning, Sampang, Madura. Foto: Roky via e100

Yanuar Rachmadi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, mengatakan banjir yang terjadi karena luapan sungai Kemuning di wilayah Sampang disebabkan karena kondisi air laut pasang.

Dia menjelaskan, kondisi tipografi atau struktur tanah wilayah Sampang memang lebih rendah daripada lautannya. Air yang tertampung karena hujan, tidak dapat mengalir ke lautan.

“Sebab kondisi air laut pasang, kemudian BMKG merilis maret adalah puncak penghujan, selama masih ada intesitas hujan tinggi maka akan ada dampak. Karena air laut tinggi, yang harusnya air hujan terbuang ke laut, maka akan kembali lagi,” kata Yanuar kepada Radio Suara Surabaya, Senin (12/3/2018).

Selain permasalahan kondisi tipografi dan air laut pasang, banjir di wilayah Sampang juga disebabkan karena masih banyaknya tepi sungai yang belum diplengseng.

Dia mengatakan, solusi jangka panjang yang sudah diterapkan selama ini adalah mitigasi yaitu berupa normalisasi induk sungai maupun anak sungai Kemuning.

Namun, proses itu tidak bisa selesai dalam jangka hanya satu tahun, dibutuhkan waktu bertahap untuk dapat menyelesaikannya.

“Solusi jangka panjang yang kami ambil, tentunya mitigasi, pendangkalan sungai kemuning dan anak sungainya perlu adanya normalisasi sungai. Apabila sungainya ini bisa menampung maka air tidak akan kemana-mana dan akan mengalir ke arah laut,” katanya. (ino/bid/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs