Selasa, 23 April 2024

Bekraf Akan Perkenalkan Dangdut di Festival Musik Amerika

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
David Tarigan. pengamat musik dan pendiri perkumpulan Irama Nusantara. Foto: Antara

Badan Ekonomi Kreatif (Berkraf) berencana untuk memperkenalkan musik dangdut ke pasar yang lebih luas lagi dengan mengadakan program Hello Dangdut saat berpartisipasi di Festival South by Southwest (SXSW) 2019 mendatang di Amerika Serikat.

Dilansir Antara, Bekraf menggandeng Irama Nusantara, yakni senuah perkumpulan yang giat mengarsipkan musik ‘jadul’ Indonesia, dalam program Hello Dangdut ini. Salah satu realisasi program ini adalah saat festival musik independen Synchronize 2017 lalu, menampilkan Andi/rif yang populer sebagai rocker dan penyanyi dangdut Erie Suzan.

David Tarigan, salah seorang pendiri Irama Nusantara, berpendapat dangdut sebagai musik populer yang mampu mewakili Indonesia, perlu diperkenalkan ke dunia yang lebih luas lagi.

“Membuat dangdut jadi tuan rumah di negeri sendiri, juga mendunia,” kata David saat acara diskusi dengan Bekraf di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

SXSW dapat menjadi slat satu cara untuk mengenalkan dangdut ke dunia karena orang dari berbagai negara akan berkumpul di festival inovasi bergengsi di dunia itu. Apalagi, menurut David, karakteristik penonton SXSW selalu terbuka terhadap hal-hal yang belum pernah mereka lihat.

SXSW juga terkenal sebagai festival musik yang selalu menawarkan alternatif dari berbagai musik yang sedang populer di dunia.

David belum bisa menceritakan apa yang akan mereka bawa ke SXSW nanti, selain agar menjadi kejutan, mereka juga masih menggodok tampilan dangdut seperti apa yang mereka ingin bawa ke sana. Hal ini mengingat banyak jenis dangdut dan pro-kontra yang menyertainya.

“Kami akan bawa pengalaman ber-dangdut ke sana,” kata David.(ant/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs