Kamis, 2 Mei 2024

Berbagai Atraksi di HUT Polwan ke-70 Polda Jatim

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Polda Jatim bersama seluruh Polres di wilayah Jawa Timur, Rabu (5/9/2018), mengadakan upacara hari ulang tahun Polwan ke 70, di lapangan apel Mapolda Jatim, Surabaya. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Polda Jatim bersama seluruh Polres di wilayah Jawa Timur, Rabu (5/9/2018), mengadakan upacara hari ulang tahun Polwan ke 70, di lapangan apel Mapolda Jatim, Surabaya.

Upacara yang dimulai sekitar pukul 08.15 WIB, diawali dengan ratusan polwan yang memasuki lapangan upacara, diikuti oleh inspektur upacara, dan komandan upacara.

Berlaku sebagai inspektur upacara yaitu Irjen Pol Mahfud Arifin Kapolda Jatim. Pada upacara ini, Irjen Pol Mahfud juga membacakan amanat Kapolri kepada seluruh peserta upacara.

Dalam amanat tersebut, Kapolri mengucapkan selamat dirgahayu kepada polwan se-Indonesia dan menjelaskan bahwa kepolisian Republik Indonesia telah banyak mempercayakan jabatan-jabatan strategis pada Polwan, seperti jabatan Kapolres, Wakapolda dan lain-lain.

Kapolri dalam amanatnya juga mengatakan, keberadaan polwan cukup penting untuk mengangkat citra polisi di masyarakat. Polwan yang lahir sejak 1 September 1948, memiliki karakter penuh ketegasan, kelembutan, dan kedamaian.

Dalam upacara pagi ini, Kapolda Jatim juga memberikan penghargaan kepada Polwan-Polwan Jawa Timur yang berprestasi. Polwan-polwan berprestasi tersebut yaitu Aiptu Eni Restati, Bripda Nurtahayatul Azizah, Bripda Safira Nanda Putriani.

Selain upacara, acara tersebut juga menampilkan berbagai unjuk kebolehan yang dibawakan oleh Polwan Polda Jatim seperti aksi mengendarai motor gede dengan berbagai keahlian, peragaan kemampuan menggunakan Tongkat dan borgol, peragaan pengamanan car free day menggunakan sepeda, simulasi pelumpuhan copet dengan tangan kosong, dan tari tradisional.


Atraksi bela diri yang dilakukan oleh para Polwan. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Tak hanya itu, upacara hari ini juga menampilkan polisi cilik (pocil) binaan Satlantas Polresta Sidoarjo. Mereka memperagakan gerakan pengaturan lalu lintas yang dikombinasikan dengan gerakan senam.

Turut hadir dalam upacara hari ini Irjen Pol Mahfud Arifin Kapolda Jatim, dan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim Terpilih.(bas/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs