Jumat, 3 Mei 2024

Bola-bola Trotoar di Surabaya Dipercantik

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Bola-bola yang terpasang di trotoar Jalan Blauran Surabaya. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya mempercantik bola-bola yang terpasang di Jalan Blauran hingga Jalan Kranggan. Bola berdiameter 50 sentimeter itu dicat warna-warni menambah keindahan trotoar kota.

Chalid Buhari Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) mengatakan, bola warna-warni terbuat dari beton semen, itu dipasang sebagai pengaman bagi pejalan kaki dari kecelakaan mobil yang naik ke trotoar. Selain itu, bola itu berfungsi mencegah sepeda motor melintas di atas trotoar.

Rencananya, kata Chalid, pemasangan bola-bola akan terus dilakukan di setiap trotoar yang ada di surabaya. Bahkan, tidak hanya satu atau dua warna, melainkan akan dicat dengan warna emas dan warna yang lain.

“Nanti akan kita cat dan pasang secara bertahap dengan melihat kondisi di lapangan,” katanya, Rabu (14/3/2018).

Adapun, pemasangan bola dunia dan bola warna-warni telah terpasang di beberapa titik antara lain, sisi timur Jalan Urip Sumoharjo, kawasan Jl Adiyawarman, Jl Embong Malang dan terbaru kawasan Jl Blauran.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya beberapa waktu lalu juga mengatakan, bahwa ide memasang bola beton di trotoar itu bukan semata untuk keindahan kota, tapi untuk melindungi pejalan kaki dari kecelakaan. Sebab, ada beberapa kasus pengendara mobil yang mengalami kecelakaan sampai naik ke trotoar. (bid/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs