Kamis, 25 April 2024

Butuh Uang, Tukang Becak Nekat Curi Dompet di Dalam Kos

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Polsek Simokerto menangkap seorang tukang becak terkait kasus pencurian, yang terjadi di sebuah rumah kos, Surabaya. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Polsek Simokerto menangkap seorang tukang becak terkait kasus pencurian, yang terjadi di sebuah rumah kos, Surabaya. Pelaku berinsial AS (21) warga Sidodadi, mencuri sebuah dompet yang berisi uang Rp1 juta.

Kompol Masdawati Saragih Kapolsek Simokerto mengatakan, sebelumnya pelaku sudah mengincar korban yang tak lain tetangganya sendiri. Pelaku menyelinap di dalam kamar dan mengambil sebuah dompet di dalam saku celana milik korban.

Kemudian, pelaku langsung melarikan diri. Namun pelaku tidak sadar, bahwa aksinya itu terekam CCTV dan polisi berhasil menangkapnya.

“Kami mendapat laporan ada pencurian di sebuah kost. Ternyata pelaku ini cukup hafal dan mengenal bagaimana situasi kamar korban yang diincarnya. Saat itu, pemilk dompet sedang nyuci. Tapi aksinya terekam oleh CCTV dan tidak butuh waktu lama, kami menangkapnya,” kata dia, Sabtu (22/9/2018).

Kepada polisi, pelaku mengaku khilaf dan terpaksa mencuri, lantaran sedang terdesak tuntutan ekonomi. Diakuinya, penghasilannya sebagai tukang becak belum cukup memenuhi kebutuhannya.

“Untuk biaya makan katanya. Karena selama ini penghasilannya tidak cukup. Istri tidak bekerja jadi butuh uang untuk anak kecil,” kata dia.

Atas perbuatannya tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs