Selasa, 28 Mei 2024

Cara Unik Sosialiasikan Keselamatan Berkendara di Kampung Arjobar

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Lomba makan kerupuk sambil memakai kelengkapan berkendara di Jojoran Baru, Surabaya, Minggu (21/10/2018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Agen Keselamatan Berkendara di Kampung Arjobar, Jojoran Baru, Surabaya, punya cara unik untuk menyosialisasikan keselamatan berkendara ke warga kampungnya. Salah satunya dengan lomba makan kerupuk sambil memakai kelengkapan berkendara.

Lomba yang menjadi bagian dari roadshow keselamatan berkendara ini, diikuti oleh ibu-ibu dari Kampung Arjobar dan sekitarnya. Caranya hampir sama. Tapi, sebelum berlomba menghabiskan kerupuk, mereka harus berlomba untuk memakai kelengkapan berkendara, seperti helm, jaket, dan sarung tangan. Setelah semua kelengkapan sudah terpasang sempurna, mereka baru boleh berlari ke kerupuk yang menggantung dan memakannya.

Dian Adi Nugroho, Agen Keselamatan Berkendara kampung Arjobar menyebut, lomba ini ditujukan agar warga selalu mengingat kelengkapan berkendara yang harus dipakai sebelum mengemudi di jalan.

Pada saat peserta memakai kelengkapan, panitia akan melihat apakah cara memakai kelengkapan mereka sudah lengkap dan benar. Beberapa kali terlihat ada peserta yang tidak meng-klik-kan helmnya, dan diperingatkan oleh panitia. Jaket yang tidak ditutup sempurna, juga diperingatkan.

Dengan ini, warga bisa lebih sadar dan memahami pentingnya memakai kelengkapan sebelum berkendara.

Dian berharap, dengan adanya roadshow ini, warga kampung Arjobar yang menurutnya, mayoritas masih belum mematuhi stafey riding, bisa menjadi taat keselamatan berkendara.

Roadshow ini adalah bagian dari rangkaian Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya yang diadakan di 15 kampung di Surabaya.(bas/iss)

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
29o
Kurs