Jumat, 12 Agustus 2022

Cerita Sejumlah Veteran Mengenang Sosok Hartoyik

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Jenazah Lettu Hartoyik (Purnawirawan) Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Surabaya telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sepuluh November di Jalan Mayjend Sungkono, Minggu (29/4/2018) sore. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Duka atas kepergian sosok Lettu Hartoyik (Purnawirawan) Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Surabaya tidak hanya melanda keluarga saja. Namun, sejumlah veteran perang yang menghadiri pemakaman almarhum hari ini juga mengungkapkan rasa haru mereka atas kepergian Hartoyik.

Sebagian besar para veteran mengatakan, bahwa Hartoyik merupakan sosok yang sangat inspiratif dan memiliki semangat juang yang tinggi. Bagi mereka, sangat sulit mencari pengganti sosok Hartoyik yang memiliki nilai-nilai nasionalis dan kepahlawanan, yang terus mengalir di dada warga Surabaya.

Seperti kata Mayor Jenderal Marinir (Purnawirawan) Sunarko Dewan Penasehat, yang mengaku sangat kenal dengan almarhum Hartoyik. Baginya almarhum sangat berperan aktif dalam memberikan nilai semangat juangnya kepada generasi muda Surabaya lewat kegiatan sosialisasinya di sejumlah sekolah.

“Kegiatan beliau luar biasa semangatnya. Beliau sakit berkali-kali masuk rumah sakit. Tapi kalau sudah sembuh, dia kembali aktif lagi. Dia ke sekolah-sekolah memberikan hal-hal positif tentang nilai nasionalisme. Semangatnya tinggi, dan beliau itu pelaku sejarah yang ulung,” kata Sunarko, saat ditemui suarasurabaya.net di TMP Mayjend Sungkono, Minggu (29/4/2018).

Menurut Sunarko, semangat yang tinggi itu bisa menjadi salah satu tauladan bagi para generasi penerus bangsa. Apalagi, pejuang Indonesia yang satu angkatan dengan almarhum, saat ini susah dicari lantaran usia yang semakin tua.

“Sisa satu dua pejuang Indonesia. Pak Hartoyik itu sudah jarang letting-nya. Mungkin dari segi umur,” kata Sunarko.

Hal senada juga disampaikan Asjari Tanjung (80) Ketua Ranting Krembangan. Baginya, almarhum Hartoyik merupakan sosok yang humoris dan memiliki banyak teman.

“Beliau seneng guyon dan kita merasa kehilangan siapa penggantinya. Dia juga jaringannya luas. Karena baik, makanya banyak temannya,” kata dia.

Demikian juga kata Mansoer Ketua Ranting Timur Sukolilo. Menurutnya, sosok Hartoyik semasa hidupnya sangat baik dan memang humoris.

“Malah dulu pernah dia sempat bilang, suatu saat kalau saya meninggal, disinilah saya akan dikuburkan. Sesuai dengan kata-katanya, dia dimakamkan disini dan kami sangat kehilangan beliau,” kata dia, sambil menunjuk lokasi pemakaman Hartoyik.

Sebelumnya, jenazah Lettu Hartoyik (Purnawirawan) Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Surabaya telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sepuluh November di Jalan Mayjend Sungkono, Minggu sore (29/4/2018). Upacara pemakaman berlangsung sekitar pukul 16.30 WIB dan dipimpin langsung oleh Kapten korpzeni Arif Sumargono sebagai inspektur upacara.

Dari pantauan suarasurabaya.net, sebelum jenazah tiba di TMP di sekitar makam almarhum Hartoyik, sudah dipenuhi berbagai karangan bunga ucapan bela sungkawa. Satu diantaranya dari Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana Wakil Wali Kota Surabaya, Irjen Pol Machfud Arifin Kapolda Jatim dan masih banyak lagi.

Kemudian jenazah tiba di TMP sekitar pukul 16.20 WIB, dan upacara pemakaman dilangsungkan. Prosesi pemakaman mantan perwira kodim tersebut diikuti langsung oleh Letkol Inf Alfian Dandim Surabaya Selatan beserta jajaran Kodim, puluhan Pejuang Veteran, keluarga besar almarhum Hartoyik, dan masyarakat setempat. (ang/tna)

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Jumat, 12 Agustus 2022
25o
Kurs