Jumat, 29 Maret 2024

Cross Culture, Ajak Keluarga Amerika Serikat Cicipi Es Dawet

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Bahrul Amiq Rektor Unitomo Surabaya menawarkan jajanan tradisional Indonesia, termasuk es dawet. Foto: Totok suarasurabaya.net

Puluhan keluarga dari Amerika Serikat, Jumat (6/7/2018) mencicipi jajanan tradisional Indonesia pada program cross culture yang digelar kampus Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya.

“Pada program cross cultural understanding ini kami sengaja mengundang warga negara luar negeri, dan hari ini kami undang keluarga-keluarga dari Amerika Serikat ke kampus Unitomo Surabaya,” terang Bachrul Amiq Rektor Unitomo.

Selain mengajak para keluarga untuk mencoba mengenali berbagai hal tentang Indonesia, diantaranya mencoba belajar bahasa Indonesia, serta mengenali aneka budaya Indonesia, para tamu Amerika Serikat diberi kesempatan mencicipi jajanan tradisional Indonesia.

Setidaknya ada sajian Es Dawet, Es Kolak Pisang, Klanting, Ketan, dan beberapa jajanan pasar tradisional lainnya yang disajikan kepada keluarga-keluarga asal Amerika Serikat tersebut.

“Saat penyambutan kedatangan para tamu asal Amerika Serikat tadi kami juga hadirkan beberapa atraksi bela diri yang ada di Indonesia. Kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia juga punya berbagai budaya yang tidak kalah menarik dengan negara-negara lain,” tambah Bahrul Amiq.

Terkait sajian jajanan pasar tradisional yang ditawarkan kepada sekitar 20 keluarga asal Amerika Serikat pada kunjungan mereka ke kampus Unitomo Surabaya, Bahrul Amiq menegaskan bahwa itu juga kekayaan bangsa Indonesia.

“Jajanan pasar atau kue-kue tradisional Indonesia adalah juga bagian kekayaan negeri ini. Kita semua wajib memperkenalkan kepada warga masyarakat dunia. Dan kebetulan kedatangan mereka ini kami ajak mencicipi jajanan pasar,” kata Bahrul.

Selain itu, lanjut Bahrul agar masyarakat manca negara seperti warga negara Amerika Serikat yang hadir di Unitomo, Jumat (6/7/2018) ini juga mengenali dan memahami keberagaman dan kekayaan kuliner asli Indonesia.(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs