Minggu, 19 Mei 2024

Dekan Cup 2018, Unair Ajak Masyarakat Lari Dengan Zombie

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Panitia Dekan Cup 2018 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga kembali menggelar Dekan Cup 2018. Adra Achirultan Kepala Subdivisi Acara Opening Dekan Cup 2018 mengatakan acara Dekan Cup tahun ini akan lebih menarik.

Kali ini, Dekan Cup akan mengajak masyarakat untuk lomba lari 6K bersama para zombie, yang digelar pada 24 Maret 2018, pukul 16.00 WIB.

“Kami mengusung Agoraphobia: Frightmare Run yaitu berlari dikejar zombie, yang pastinya tidak pernah terbayangkan oleh kita sebelumnya. Jadi, masyarakat akan berlari 6K pada malam hari, seperti Night Run pada umumnya. Namun, kali ini akan ada yang menemani, yakni sekitar 100 zombie,” kata Adra.

Adra menjelaskan agoraphobia memiliki makna ketakutan terhadap keramaian. “Saya mengumpamakan ketakutan terhadap keramaian tersebut seperti berlari, kemudian dikejar zombie. Nantinya peserta akan berusaha menghindari zombie-zombie tersebut. Pastinya akan ada hadiah untuk 30 peserta yang lebih dulu sampai di garis finish,” tambahnya.

Selain Frightmare Run, lanjutnya, akan ada Night Market, dengan tiket masuk Rp 10.000, masyarakat bisa menikmati aneka kuliner dan hiburan. Sementara untuk mengikuti Frightmare Run, kata Adra, peserta cukup membayar Rp 85.000 ribu, dengan fasilitas race pack yang berisi jersey, BIB, tas, dan free pass Night Market.

“Untuk rute yang akan dilalui, start berada di Unair Kampus A. Kemudian menuju ke arah Karang Menjangan atau Unair Kampus B, menuju Grand City, lanjut ke Balai Kota dan berakhir di Unair Kampus A. Kalau pendaftarannya, bisa cara offline langsung menemui panitia di Unair Kampus A, atau bisa juga online. Saat ini link pendaftaran masih proses,” kata dia.

Terkait tema Dekan Cup 2018, Yahya T. Robbani Ketua Dekan Cup 2018 mengatakan tahun ini mengusung tema “Mental Health” dan Sub-tema “Psychological First Aid”. Di mana, lebih menekankan pada upaya meningkatkan kesadaran masyarakat Surabaya, terkait pentingnya kesehatan mental.

Yahya menjelaskan tema tersebut berdasarkan fakta terkait kesehatan jiwa dan mental yang masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang cukup signifikan di dunia, termasuk di Indonesia.

Data World Health Organization (WHO) pada 2016 menyebutkan, ada sekitar 35 juta orang terkena depresi, 60 juta orang terkena bipolar, 21 juta terkena skizofrenia, serta 47,5 juta terkena demensia.

Dengan berbagai faktor psikologis dan sosial serta keanekaragaman penduduk yang tinggi, kata Yahya, jumlah kasus gangguan jiwa di Indonesia akan terus bertambah. Hal itu akan berdampak pada penambahan beban negara dan penurunan produktivitas manusia untuk jangka panjang.

“Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan perspektif masyarakat yang memandang mental illness sebagai momok yang menakutkan atau tabu untuk dibicarakan. Diharapkan Dekan Cup ini bisa menjadi salah satu jawabannya,” ujarnya.

Selain lomba lari dengan zombie, serangkaian acara lainnya, seperti Competition Session: Sport and Non-Sport akan diselenggarakan selama bulan April. “Acara tersebut dikhususkan untuk Civitas Akademika Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga,” kata dia.

Sementara untuk di akhir acara atau closing event, akan dikemas dalam bentuk Artspace, yaitu suatu pameran edukatif interaktif, sebagai sarana bersosialisasi pada masyarakat, dan penggalangan dana, yang akan digunakan untuk Bakti Sosial oleh angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada Juli mendatang. (ang/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
32o
Kurs