Jumat, 10 Mei 2024

Delapan Siswa-siswi Tunanetra Ikuti Ujian Nasional

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa-siswi tunanetra SMP LB YPAB Surabaya mengikuti ujian nasional. Foto: totok suarasurabaya.net

Berbeda dengan sekolah lainnya yang menerapkan UNBK, sekolah di kawasan Jalan Gebang Surabaya ini menerapkan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNBKP).

“Ujian nasional berbasis kertas dan pensil ini sudah kami lakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Meskipun dalam prakteknya siswa tidak menggunakan pensil, tetapi kategorinya adalah UNBKP,” terang Eko Wahyudi kepala SMP LB YPAB Surabaya.

Pada kertas jawaban, siswa peserta ujian menggunakan riglet atau alat tusuk dengan jarum untuk menuliskan jawaban dengan huruf Braille. “Kertas soal juga menggunakan huruf Braille, dan jawaban juga memakai Braille,” tambah Eko.

Guru membacakan soal kemudian siswa mendengarkan sambil menyimak membaca soal yang juga diterimanya untuk kemudian memberikan jawaban yang ditulis memakai huruf Braille.

Dua orang guru lainnya bertugas menjadi pengawas pelaksanaan ujian nasional yang kali ini diiikuti siswa-siswi kelas 9 dan mereka berkewajiban mengikuti ujian nasional.

“Selain memang tunanetra, siswa-siswi kami ada yang masuk kategori low vision. Oleh karena itu, siswa selain membaca sendiri lembar soal, juga didampingi guru yang ikit membacakan soal ujian,” tambah Eko.

Senin (23/4/2018) ke 8 siswa siswi tunanetra peserta ujian mengerjakan soal bahasa Indonesia. Sedangkan pelaksanaan ujian nasional siswa-siswi SMP akan berakhir pada Kamis (26/4/2018).(tok/dwi)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
31o
Kurs