Minggu, 7 Maret 2021

Diduga Peninggalan PD II, Kopaska Amankan Benda Menyerupai Mortir

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi Foto: oldstuffinhotplaces.com

Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Komando Armada (Koarmada) II mengamankan benda menyerupai mortir yang diduga peninggalan atau sisa Perang Dunia II yang ditemukan di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

Letnan Kolonel Laut (KH) Suratno Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada II kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (17/11/2018), mengatakan benda menyerupai mortir tersebut berjenis Unexploded Ordnance (UXO).

“Panjangnya 28 sentimeter dengan diameter 10 sentimeter. Benda ini diduga sebagai mortir yang digunakan pada masa Perang Dunia II,” ujarnya dilansir Antara.

Dia menjelaskan Koarmada II segera menugaskan Satkopaska untuk mengevakuasi benda menyerupai mortir itu setelah menerima laporan dari PT APBS, yang merupakan anak perusahaan dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III.

“PT APBS sedang melakukan pengerukan di lokasi dekat Karang Jamuang. Benda tersebut menempel pada dredge head kapal keruk sehingga menyumbat pipa hisap alat keruk dan mengganggu kerja pengerukan,” katanya.

Satkopaska Koarmada II yang dipimpin Kolonel Laut (T) Ariyadi kemudian segera meluncur ke lokasi dan melakukan evakuasi menggunakan boom blanket.

“Sudah dinetralisir oleh Satkopaska Koarmada II dan selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan bahan peledak TNI Angkatan Laut di Batuporon, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Madura, Jawa Timur,” ujar Kadispen. (ant/nin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Cemengkalang Banjir

Kemacetan di Ngasinan

Kepadatan di Tol Sidoarjo

Sampah di dekat GOR Gapura Unesa

Surabaya
Minggu, 7 Maret 2021
31o
Kurs