Jumat, 26 April 2024

Dinas Pendidikan Jatim Siap Gelar UNBK

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: dok. suarasurabaya.net

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menyatakan Jawa Timur siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dimulai Senin (2/4/2018) pekan depan untuk siswa jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Saiful Rachman Kepala Dinas Pendidikan Jatim saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (26/3/2018) mengatakan segala persiapan UNBK telah tuntas 100 persen dan jumlah lembaga penyelenggara UNBK tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.

“Tahun lalu ada sekitar 5.000 lebih, sekarang hampir 6.000. Angka ini mulai dari tingkat SMP/MTs hingga tingkat SMA/SMK/MA,” kata Saiful seperti dilansir Antara.

Untuk jenjang SMA/SMK, seperti tahun lalu, tahun ini 100 persen UNBK. Selain itu pada tahun ini, lanjut Saiful, banyak lembaga yang memilih UNBK secara mandiri yang berdampak pada peningkatan sekolah penyelenggara.

Berbeda dengan jenjang SMA/SMK yang menggelar 100 persen UNBK, sejumlah daerah belum melaksanakan UNBK tingkat SMP/MTs. Daerah yang belum melaksanakan UNBK itu, kata Saiful, terbanyak berada di Kabupaten Jember dan Kabupaten Ponorogo.

“Jadwal UNBK SMK, SMA, dan SMP tidak sama. Yang belum siap UNBK diminta menggabung ke sekolah lain,” ujarnya.

Mantan Kepala Badiklat Jatim ini menjelaskan, dari segi kesiapan listrik, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) agar tidak terjadi pemadaman ketika UNBK berlangsung.

“Sudah ada MoU. Apalagi menurut PLN Jatim ini termasuk surplus listrik,” tututrnya.

Seperti diketahui, jadwal UNBK SMK dimulai 2-5 April, disusul UNBK tingkat SMA/MA pada 9-12 April. Terakhir adalah UNBK SMP/MTs pada 23-26 April. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs