Senin, 6 Mei 2024

Disambut Meriah, Kesenian Tradisional Jatim Masuk Mal

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Penampilan kesenian tradisional di Mal Metropolitan, Ciliengsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/9/2018). Foto: Jose suarasurabaya.net

Tari Remo dari Surabaya, Reog Kendang asal Tulungagung, dan Tari Jarita dari Banyuwangi, bagi masyarakat Jatim sudah tidak asing lagi. Baru terasa berbeda ketika kesenian tradisional, salah satu kekayaan budaya Jawa Timur tersebut, dipentaskan di beberapa mal di Jabodetabek, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, mengundang decak kagum.

Hal itu tercermin dari besarnya perhatian masyarakat, ketika kesenian tradisional itu digelar di Mal Metropolitan. Sebuah mal di Ciliengsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/9/2018).

Tepuk tangan meriah dari pengunjung yang memadati ruang pamer Mal Metropolitan terdengar cukup rame ketika para penari memperlihatkan talentanya sesuai dengan judul tari. Pengunjung berebut foto bersama secara bergantian. Para penari melayani ajakan foto bersama dengan suka cita. “Bagus, tapi sayang tarian tradisional seperti ini jarang ditampilkan dan tidak diberi tempat yang baik,” kata Nyonya Roby, pengunjung asal Bekasi.

Dwi Suyanto, Kepala Badan Penghubung Pemprov Jatim di Jakarta, mengatakan, ini merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan kesenian tradional Jatim, supaya tetap eksis dan disenangi masyarakat dari pengaruh budaya asing.

Pemprov Jatim melalui kepala penghubung daerah di Jakarta, secara terus menerus akan mempromosikan kebudayaan Jatim tersebut,” kata Dwi saat menyaksikan Festival Tari Jaranan di Anjungan Jatim TMII, Minggu (16/9/2018).

Apresiasi terhadap kesenian tradisonal dari daerah Jatim ini juga disampaikan, Jerry seorang penerbang dari sebuah maskapai penerbangan nasional di Jakara. “Meskipun bukan orang Jawa, keluarga saya menyukai tari tradisional,” akunya.

Istri Jerry terlihat merekam dengan video kameranya seluruh tari yang ditampilkan.

Penampilan penari dipandu langsung oleh Kasubdit Promosi dan Komunikasi Anjungan Jatim Taman Mini Indonesia Indah (TMII).(ant/iss/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs