Rabu, 17 April 2024

Dua Tewas, 17 Hilang Setelah Gempa Kuat Guncang Peru

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Gempa bumi dengan kekuatan 7,3 pada Skala Richter mengguncang Peru pada Minggu pagi (14/1/2018) telah menewaskan dua orang, sementara menteri kesehatan negeri itu mengatakan 17 orang hilang, setelah satu tambang ambruk akibat gempa.

Gempa tersebut mengguncang wilayah lepas pantai pada pukul 04.19 waktu setempat (16.18 GMT) dengan kedalaman sekitar 36 kilometer, kata US Geological Survey. Lembaga Pertahanan Sipil di Peru mengatakan melalui Twitter bahwa 65 orang cedera.

Satu tambang gelap di sebelah timur Kota Pantai Chala ambruk akibat gempa, demikian laporan Xinhua, Senin pagi. Setelah itu, 17 orang hilang, kata menteri kesehatan Peru seperti dilansir Antara.

Beberapa rumah terpengaruh dan jumlah korban tewas serta cedera diduga akan bertambah, kata Jorge Chavez, Kepala Lembaga Pertahanan Sipil di Peru.

Sebagai produsen tembaga No.2 di dunia, kebanyakan tambang di Peru berada di pedalaman selatan jauh dari wilayah pantai, tempat gempa biasa terjadi.

Gempa bumi Minggu juga dirasakan di negara tetangga di sebelah selatan Peru, Chile. Kantor Darurat Nasional Chile mengatakan tak ada laporan mengenai korban cedera, kerusakan prasarana, atau gangguan layanan dasar. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs