Sabtu, 20 April 2024

Eksplor Surabaya Lama, Yudi Muklas Ajak Susuri Sudut Surabaya Lawas

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pengunjung menyaksikan karya Yudi Muklas yang dipamerkan di Galeri Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sekitar 25 lukisan karya Yudi Muklas yang dipajang di galeri Surabaya Kompleks Balai Pemuda, Jumat (16/11/2018) membawa imajinasi menelusuri sudut-sudut kawasan Kota Surabaya lawas.

Goresan yang kuat diatas kanvas, menjadikan sudut-sudut kota Surabaya, tepatnya bagian lama kota ini seakan mengundang penikmat lukisannya untuk sejenak masuk kedalam kawasan masa lalu. Kawasan Surabaya lama.

Sudut-sudut bangunan lama disejumlah sudut kota Surabaya di masa lalu itu memang mengingatkan pada potret-potret kota di era kolonial yang lebih banyak menampilkan jalan dan gedung-gedung.

Dimulai di tahun 2002 ketika Yudi berkunjung ke Surabaya, dan melihat masih banyaknya bangunan-bangunan kuno peninggalan zaman kolonial maupun bangunan-bangunan lama yang berdiri kokoh diantara pesatnya plasa.


Sudut Kota Surabaya lama ditampilkan pad akanvas-kanvas Yudi Muklas pada pamerannya di Galeri Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Pada sebuah kesempatan perjalanan darat menuju Lombok, Yudi yang jebolan jurusan seni rupa ITB Bandung, mengingat sejumlah tempat dan bangunan saat turun dari kereta api di stasiun Gubeng.

“Masih banyak bangunan kuno disana. Dan bangunan-bangunan itu menarik sekali, sepertti melihat potret-potret yang dibuat di era zaman kolonial dulu. Ada jalanan, ada bangunan, dan itu menggelitik keinginan mengabadikannya,” terang Yudi.

Dan Yudi pun melukiskan ingatannya terhadap sudut-sudut lama Kota Surabaya. “Rasanya benar-benar jatuh cinta pada bangunan-bangunan atau arsitektur kuno tersebut. Dan tahun 2008 mulai melukis kawasan-kawasan kuno itu,” kata Yudi.

Yudi Muklas yang lahir di Bandung, 25 September 1954 ini mengaku melukiskan kembali sudut-sudut lama Kota Surabaya untuk memuaskan keigninan batinnya sekaligus keinginannya untuk berkarya.

Henrica mahasiswi arsitektur yang ditemui suarasurabaya.net, sedang menikmati lukisan karya-karya Yudi Muklas di Galeri Surabaya, membenarkan bahwa menyaksikan karya Yudi seakan berjalan di masa lalu kota Surabaya.

“Banyak sudut-sudut kota Surabaya ditampilkan pelukisnya seakan mengajak kita berjalan-jalan menyusuri kota Surabaya di masa lalu. Bangunan dan sudut-sudut jalan yang ditampilkan seakan memberikan gambaran masa lalu, mengasyikkan,” tutur Henrica.

Pameran karya Yudi Muklas di Galeri Surabaya komplels Balai Pemuda, Surabaya dijadwalkan berakhir pada Sabtu (17/11/2018).(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs