Senin, 29 April 2024

Empat Ruas Jalan Tol Trans Jawa Akan Diresmikan Akhir Tahun Ini

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Overpass Ngaliyan di jalan tol Batang-Semarang yang masih dalam proses pengerjaan. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Menjelang tutup tahun dan libur panjang Natal dan Tahun Baru, empat ruas jalan Tol Trans Jawa ditargetkan bisa diresmikan. Hingga saat ini pekerjaan fisik keempat ruas tol yang dikelola Jasa Marga tersebut sudah hampir 100%.

Keempat ruas tol tersebut adalah Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Semarang Solo Ruas Salatiga-Kartasura, Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Ruas Wilangan-Kertosono, dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan Ruas Pasuruan-Grati. Setelah diresmikan, empat ruas ini akan melengkapi jaringan Jalan Tol Trans Jawa dari Surabaya-Merak yang akan tersambung di penghujung tahun.

Pra uji laik operasi dan laik fungsi keempat jalan tol tersebut juga sudah dilakukan mengingat sejumlah pekerjaan fisik seluruh jalan tol itu sudah hampir mendekati final.

“(Ruas Tol Batang-Semarang) sudah sekitar 99 persen, hampir 100 persen,” ujar Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani di Jembatan Kalikuto yang menghubungkan dua kabupaten Kendal-Batang pada Jumat (7/12/2018).

Desi mengatakan, dari empat ruas tol yang belum diresmikan tersebut, hanya ada dua titik yang pekerjaannya belum sepenuhnya selesai. Kedua titik itu ada di overpass Gempol di Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Ruas Wilangan-Kertosono dan Overpass Ngaliyan di Jalan Tol Batang-Semarang.

“Paling lambat seminggu kalau yang di Ngaliyan. Kalau yang di Wilangan-Kertosono, mungkin masih perlu 10 hari,” katanya.

Desi optimis, keempat ruas tol yang akan dikelola oleh Jasa Marga tersebut dapat beroperasi dan melayani masyarakat sebelum libur Natal dan tahun baru mendatang. (bas/dim/ipg/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs