Jumat, 10 Mei 2024

Festival Kesenian Indonesia ke-10 Libatkan Sembilan Perguruan Tinggi Seni

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara karya mahasiswa yang dipamerkan pada pameran seni rupa di FKI 2018. Foto: istimewa

Perguruan Tinggi Seni di Indonesia bersama dengan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Seni Indonesia (BKS-PTSI) menggelar Festival Kesenian Indonesia (FKI) ke-10 tahun 2018, Sabtu (7/7/2018) hingga Rabu (11/7/2018).

Perguruan Tinggi Seni di Indonesia merupakan institusi pendidikan yang wajib ikut serta melestarikan serta menumbuhkembangkan kesenian, menjaga identitasnya, yang kemudian dituangkan pada visi misi dan kurikulumnya.

Pementasan FKI ke 10 tahun 2018 ini merupakan ajang untuk menunjukkan beragam eksistensi, memamerkan puncak prestasi Perguruan Tinggi, dalam berbagi, berdialog dan proses edukasi civitas akademik dengan masyarakat melalui sajian karya seni yang beridentitas budaya kuat.

Pada ajang itu pula ditampilkan keberhasilan praktik kreatifitas seni, termasuk pelestarian dan pengembangan identitas budayanya, dan diwilayah Perguruan Tinggi Seni masing-masing.

FKI ke 10 tahun 2018 juga diharapkan menumbuh kembangkan forum komunikasi dan interaksi seni yang berkualitas antar Perguruan Tinggi Seni di Indonesia melalui pertunjukan, pergelaran, pameran, tayangan, workshop, dan seminar seni.

Dan FKI ke 10 juga menjadi penyatu jalinan kerjasama 9 Perguruan Tinggi Seni Indonesia, untuk meningkatkan perhatian dan penghargaan masyarakat nasional dan internasional terhadap aktivitas Perguruan Tinggi Seni di Indonesia.

Berikut ini rangkaian kegiatan selama pelaksanaan Festival Kesenian Indonesia (FKI) 2018, mulai Sabtu (7/7/2018) diawali seminar internasional di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan.

Pada malam hari dilanjutkan penampilan kolaborasi 9 perguruan tinggi seni se- Indonesia, termasuk penampilan sendratari kolosal STKW Surabaya bersama ISI Denpasar.

Pada Minggu (8/7/2018) dijadwalkan digelar seminar nasional di kampus STKW Surabaya. Pada hari yang sama di Taman Budaya Jawa Timur (TBJ) Jl. Gentengkali digelar Gelar Seni Pertunjukan menampilkan ISBI Tanah Papua, ISBI Aceh, IKJ, ISI Jogjakarta, ISBI Bandung, ISI Padang Panjang, dan ISI Surakarta.

Masih di hari Minggu (8/7/2018) dilokasi TBJ Jl. Gentengkali, Surabaya dibuka Pameran Seni Rupa Master, dan di kampus STKW Surabaya dibuka Pameran Seni Rupa Mahasiswa.

Sementara itu pada Senin (9/7/2018) di kampus STKW Surabaya dilaksanakan workshop tari, teater, seni rupa, dilanjutkan pemutaran film di XXI Ciputra World, Surabaya.(tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs