Sabtu, 27 April 2024

Forum Zakat Jatim Kembali Kirim Bantuan ke Palu

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kawasan kota Palu yang luluh lantak akibat gempa dan tsunami. Foto: Denza/Dok. suarasurabaya.net

Lembaga pengelola zakat Forum Zakat (FOZ) Jawa Timur bekerjasama dengan Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN), Jumat (19/10/2018) kirimkan bantuan logistik ke Palu, Sulawesi Tengah.

Bantuan berupa berbaai barang kebutuhan warga masyarakat korban gempa dan tsunami Palu tersebut rencananya dimuat ke dalam 10 truk dan 8 mobil pick up dan selanjutnya akan diangkut kontainer Meratus melalui kapal laut menuju Pelabuhan Palu, Sulawesi Selatan.

Kholaf Hibatulloh, koordinator lapangan kegiatan mengatakan bantuan yang merupakan bagian dari donasi tersebut dikumpulkan oleh sekurangnya 12 lembaga amil zakat yang terlibat.

Ke 12 lembaga tersebut diantaranya, Lazis Haromain, Lembaga Manajemen Infaq, YDSF, Dompet Dhuafa, Nurul Falah, LPI, Yatim Mandiri, LAZ Ummul Quro, Nurul Hayat, BSMI, Rumah Infaq Indonesia, serta Galena Rescue.

“Alhamdulillah, kegiatan ini terselenggara karena ada sinergi dari banyak lembaga zakat di Jawa Timur. Inilah kepedulian bersama yang amanahnya disampaikan oleh lembaga amil zakat untuk korban gempa di Palu dan Donggala,” terang Kholaf, Jumat (19/10/2018).

Kholaf menambahkan, bahwa bantuan yang kali ini disalurkan meliputi kebutuhan sembako, air mineral, terpal, jenset, obat-obatan, pampers, pembalut, tisu, dan alat pertukangan.

“Jumlah detailnya ada di masing-masing lembaga, karena setiap lembaga punya posko bencana di tempat berbeda dengan kebutuhan yang berbeda pula. Dan alhamdulillah, IPCN membebaskan biaya pengiriman,” tambah Kholaf.

Perjalanan pengiriman bantuan tersebut diperkirakan akan membutuhkan waktu antara 4 hari sampai dengan 5 hari.

Setelah bantuan sampai di lokasi bencana, lanjut Kholaf rencananya akan langsung disalurkan oleh masing-masing lembaga sesuai dengan lokasi posko bencana masing-masing.(tok/rts)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs