Senin, 20 Mei 2024

Gedung Nusantara III DPR RI Keluarkan Asap

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Mobil pemadam kebakaran di depan Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Gedung Nusantara III DPR RI lantai IV Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta mengeluarkan asap, Senin (19/3/2018). Petugas terus menelusuri penyebab asap itu keluar.

Kejadian sekitar pukul 19.30 WIB ini menyebabkan beberapa pegawai di lantai IV tersebut keluar melalui lift.

Lima mobil pemadam kebakaran juga dikerahkan untuk mengatasi asap yang keluar dari lantai IV tersebut. Petugas Damkar langsung mensterilkan lokasi dan melakukan penyelidikan.


Asap memenuhi Gedung Nusantara III lantai IV. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Lokasi lantai IV sendiri memang banyak asapnya, tetapi belum ditemukan adanya titik api. Setelah sekitar 30 menit dilakukan pencarian, ternyata ditemukan alat aerosol yang mengeluarkan asap.

Asap putih itu sendiri memenuhi ruangan lantai IV, tetapi kepulan asap itu tidak terlalu terlihat dari luar gedung.

Menurut salah satu petugas Pamdal, asap dari aerosol keluar sesudah alat detektor mendeteksi adanya asap dari bawah, sehingga otomatis detektor asap akan ikut mengeluarkan asap guna mempermudah tim pemadam kebakaran segera menemukan titik asal asap yang dideteksi detektor.

Sekadar diketahui, alat pemadam Aerosol adalah pemadam kebakaran berbentuk partikel yang mirip dengan pemadam kebakaran gas atau pemadam kebakaran kimia kering.


Alat pemadam Aerosol yang bocor. Foto: Faiz suarasrabaya.net

Aerosol ini terdiri dari partikel padat yang sangat halus dan materi gas untuk memadamkan kebakaran. Alat ini biasa memproteksi ruangan-ruangan seperti ruang data center, ruang arsip, ruang panel listrik, box panel panel listrik dan ruangan kritikal lainnya.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
26o
Kurs