Rabu, 24 April 2024

Gempa 5,7 SR Mengguncang Bengkulu

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Gempa bumi dengan magnitudo 5,7 yang berpusat di Lebong, Provinsi Bengkulu, mengguncang Bengkulu, Minggu (30/12/2018) pada pukul 15.39 WIB. Foto: BMKG via Twitter

Gempa bumi dengan magnitudo 5,7 yang berpusat di Lebong, Provinsi Bengkulu, mengguncang Bengkulu, Minggu (30/12/2018) pada pukul 15.39 WIB.

Sudianto Kepala Seksi Informasi dan Observasi BMKG Bengkulu, di Bengkulu menyebutkan, gempa tersebut merupakan gempa tektonik akibat pergeseran patahan lempeng Indoeurasia dan Indoaustralia.

Pegeseran patahan itu terjadi pada kedalaman 192 kilometer, 42 kilometer timur laut Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu atau 62 kilometer barat laut Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan.

“Kalau Jakarta cukup jauh, tak akan terasa sampai sana, 633 kilometer barat laut Jakarta,” kata dia dilansir Antara.

Guncangan gempa berada di daratan Bengkulu tepatnya pada koordinat 2,79 Lintang Selatan dan 102,21 Bujur Timur. Sehingga menurutnya tidak berpotensi tsunami dan warga tidak perlu panik berlebihan.

“Tapi tetap waspada gempa susulan, karena masih berpotensi namun tidak sekuat yang pertama,” katanya.

Tri Astuti salah seorang warga Kota Bengkulu, menyebutkan gempa cukup terasa di tempatnya berdomisili namun tidak membuat warga sampai berlari keluar rumah.

“Cukup mengagetkan dan membuat khawatir karena kejadian gempa dan tsunami belakangan ini di sejumlah wilayah Indonesia, kami tinggal di pinggiran pantai,” katanya.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs