Selasa, 23 April 2024

Genap Berusia 16 Tahun, KBS Berikan Kado untuk Tiga Harimau Cantik

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Salah satu harimau membuka kado di hari ulang tahunnya, Minggu (30/9/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Kebun Binatang Surabaya (KBS) merayakan ulang tahun tiga ekor harimau Sumatera, yang genap menginjak usia 16 tahun, Minggu (30/9/2018). Tiga harimau itu bernama Rana, Rara, dan Rowi, yang merupakan saudara kembar kakak beradik dan lahir tanggal pada 25 September 2002.

Dari pantauan suarasurabaya.net, acara tersebut sukses menarik perhatian para pengunjung yang memadati area kandang harimau. Mereka penasaran, saat para petugas masuk ke dalam kandang dan menggiring ketiga harimau ke luar menuju halaman.

Layaknya perayaan ulang tahun manusia, petugas juga memberikan hadiah kepada tiga harimau tersebut. Tiga kotak berwarna cokelat itu, diletakkan di halaman kandang harimau.

Siapa sangka, ketiga harimau langsung mendekatinya dan secara perlahan, mereka membuka bungkus kado dengan cakar tajamnya. Setelah mengetahui isinya adalah daging, ketiga harimau itu langsung menyantapnya.

Chairul Anwar Direktur Utama KBS mengatakan, perayaan ulang tahun tiga harimau ini tidak hanya sekedar selebrasi. Tetapi, juga memberikan edukasi kepada pengunjung tentang seluk beluk kehidupan harimau Sumatera melalui arahan dari keeper talk atau pemandu.

“Kami sudah siapkan keeper talk nya, mereka adalah petugas yang selama ini merawat harimau. Jadi lebih tahu fasenya bagaimana, cek kondisi kesehatan dan lain-lain. Harapannya, selain hiburan ini juga bisa jadi pengetahun bagi pengunjung. Yang nantinya, akan disalurkan ke masyarakat lainnya,” kata Chairul, di sela acara Tiger Birthday Party.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga ingin meluruskan profil harimau di KBS, yang banyak beredar di media. Dia menegaskan, bahwa kondisi seluruh harimau yang ada di KBS dalam keadaan sehat. Termasuk nutrisi yang didapatkan, pemberian vaksin, vitamin, dan penataan kandang untuk kenyamanan satwa.

“Kami tetap memberikan perawatan yang baik, peningkatan kesehatan dan nutrisi peningkatan fasilitas untuk satwa atau penataan kandang peraga sesuai dengan lingkungan alami. Dengan tetap menjaga nilai estetika kenyamanan, keamanan, dan kesejahteraan bagi satwa. Mereka hidup dengan bebas di lingkungan dengan kandang yang baru direvitalisasi,” jelasnya.

Adapun jumlah harimau saat ini yang ada di KBS, lanjutnya, tercatat ada 9 ekor harimau Sumatera. Dengan rasio, yaitu 3 jantan dan 6 betina. Mereka memiliki rentang usia dari 8 sampai 22 tahun. Bahkan, juga ada yang memasuki fase usia tua dan melewati batas usia hidup di alam.

“Saat ini kami berupaya mengembangbiakkan Harimau Sumatera dan sudah berkoordinasi dengan sejumlah Lembaga Konservasi, seperti Bali Zoo, Jatim Park, dan lain-lain. Jadi kami akan memilih yang usianya lebih muda. Kami nanti akan survey, bagaimana kondisinya,” kata dia. (ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs