Jumat, 29 Maret 2024

Guyuran Hujan Abu Vulkanik Gunung Agung Terasa Hingga Jember

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Erupsi Gunung Agung. Foto: Twitter @Sutopo_PN

Guyuran abu vulkanik Gunung Agung berdampak hingga ke Kabupaten Jember, Jawa Timur dan hujan abu vulkanik yang sangat tipis itu turun di sejumlah wilayah di kabupaten setempat.

“Sebagian warga merasakan guyuran hujan abu vulkanik yang sangat tipis, namun hingga kini saya belum mendapat laporan wilayah kecamatan mana saja yang terdampak abu vulkanik Gunung Agung,” kata Heru Widagdo Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember di Jember, Selasa (3/7/2018) seperti dilansir Antara.

Untuk itu, lanjut dia, BPBD Jember kembali membagikan ribuan masker kepada masyarakat di sejumlah lokasi untuk mengantisipasi guyuran abu vulkanik yang mengarah ke Jember.

“Kami imbau masyarakat menggunakan masker saat berada di luar rumah dan luar ruangan karena abu vulkanik tersebut dapat membahayakan kesehatan,” tuturnya.

Menurutnya BPBD Jember juga memberikan informasi kepada masyarakat tentang erupsi Gunung Agung yang mengarah ke Jember, sehingga informasi tersebut diharapkan dapat disampaikan kepada tetangga dan kerabat keluarganya.

“Masyarakat tidak perlu panik terkait dampak abu vulkanik Gunung Agung di Jember, namun kami imbau masyarakat menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah dan mengurangi aktivitas di luar yang tidak perlu,” katanya.

Sementara Hasan salah seorang warga Jember yang mengendarai kendaraan dari Banyuwangi menuju Jember merasakan hujan abu vulkanik yang menempel di kaca mobilnya, sehingga beberapa kali harus membersihkan kaca mobil tersebut.

“Abu vulkanik tersebut terlihat menempel di kaca mobil, sehingga beberapa kali saya harus membersihkan, agar jarak pandang saat menyetir mobil tidak terganggu akibat abu vulkanik tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, melontarkan lava pijar yang keluar dari kawah gunung itu hingga sejauh 1,5 kilometer pada Senin (2/7/2018) pukul 21.04 WITA.

Pada Senin (2/7/2018) pukul 06.19 WITA, Gunung Agung sudah mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu teramati pada ketinggian sekitar 2.000 meter di atas puncak dengan intensitas tebal condong ke arah barat. PVMBG mencatat erupsi terjadi pada pukul 06.41 WITA dan 06.55 WITA. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs