Sabtu, 18 Mei 2024
Info Mudik

Hadapi Arus Mudik Kemenhub Tingkatkan Kapasitas Angkutan Udara

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan memberikan keterangan terkait persiapan transportasi umum menghadapi arus mudik lebaran tahun 2018, Rabu (6/6/2018), di Gedung DPR, Jakarta Selatan. Foto: Farid suarasurabaya.net

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai langkah untuk menjamin ketersediaan angkutan umum yang layak untuk calon pemudik.

Khusus untuk transportasi udara, Kemenhub, kata Budi, mendorong peningkatan kapasitas (daya angkut) dan juga kualitas layanan maskapai penerbangan.

“Rencananya, Kemenhub akan menambah 3500 slot penerbangan keberangkatan dari Jakarta, selama dua minggu masa mudik. Kalau untuk seluruh Indonesia, kira-kira jumlah totalnya dua kali lipat,” ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018).

Untuk meningkatkan daya angkut penumpang, Kemenhub juga minta maskapai penerbangan menggunakan pesawat berbadan lebar.

Selain itu, Kemenhub meminta bandara menambah waktu operasionalnya sampai pukul 00.00 WIB.

“Jadi, kalau biasanya bandara beroperasi sampai pukul 20.00 WIB, kami imbau untuk buka sampai pukul 00.00 WIB,” katanya.

Sekadar diketahui, tahun ini pemudik yang akan menggunakan angkutan udara diprediksi meningkat signifikan sebanyak 8,4 persen (5,75 juta orang), dibanding tahun 2017 yang tercatat digunakan 5,29 juta orang.

Demi ketertiban dan kenyamanan, Menhub mengimbau, calon pemudik yang menggunakan pesawat membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Kemudian, mantan Dirut Angkasa Pura II itu juga meminta calon penumpang pesawat tidak bercanda soal bom, karena bisa mengganggu jadwal penerbangan, dan ada ancaman pidananya. (rid/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
27o
Kurs