Jumat, 29 Maret 2024

Hadapi Era Disruption UK Petra Gelar International day 2018

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Flyer

Era Revolusi Industri ke 4.0 atau era Disruption, mulai terjadi. Perubahan pola baru ini menjadi tantangan terbesar bagi mahasiswa. Di era ini wajib memiliki daya saing tinggi, diantaranya memperlengkapi diri dengan pengetahuan lintas budaya.

International Day 2018, digelar Biro Administrasi Kerjasama dan Pengembangan Institusi (BAKP) Universitas Kristen Petra (UK Petra), sejak Kamis (22/3/2018) dan Jumat (23/3/2018).

Bberapa kegiatan diantaranya mengajar bahasa asing, kuliah umum serta penampilan booth mahasiswa manca negara yang saat ini sedang berkuliah dikampus Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya.

Kali ini peserta yang hadir dapat berinteraksi langsung dengan para mahasiswa manca negara tersebut. Para mahasiswa asal Hongkong, Taiwan, Korea, Jepang, Australia, Thailand, Belanda, Jerman dan masih banyak lagi lainnya.

“Melalui kegiatan ini, kami harap mahasiswa serta orang tua dapat mendapatkan ilmu dengan cara yang menyenangkan seperti berpetualang,” terang Meilinda, S.S., M.A., Kepala BAKP UK Petra.

Kamis (22/3/2018) kemarin International Day dimeriahkan belajar asing untuk siswa SDN Siwalankerto 2 Surabaya. Siswa doajak mengenal Bahasa Korea, Bahasa Belanda, juga mengenal Bahasa Jerman.

Jumat (23/3/2018) bertempat di auditorium Universitas Kristen (UK) Petra digelar talkshow bertajuk: Seizing the International Opportunity: Generation Z’s Endeavor in Globalized World

Talkshow menghadirkan Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., Rektor UK Petra dan Chris Barnes Konsulat Jenderal Australia di Surabaya.

Prof. Djwantoro memberi gambaran pada para peserta apa yang harus generasi Z persiapkan dalam menghadapi era distruption di masa mendatang. Sedangkan Chris Barnes bercerita bagaimana kondisi di Australia dalam kaitannya dengan kesemapatan karir di Australia.

Selain talkshow, Jumat (23/3/2018) juga digelar bazar menampilkan aneka kuliner asal Timur Leste menyajikan Paung, Belanda menunjukkan makanan Poffertjes, dan Jemran dengan makanan khasnya Sosis Bratwurst, China dengan Mie Hokkiannya.

Kegiatan International Day 2018 ini melibatkan mahasiswa asing yang berada di UK Petra dan mahasiswa UK Petra yang telah mengalami pengalaman internasionalisasi dalam masa kuliahnya.

“Kami melibatkan mahasiswa asing dari Jepang, Korea Selatan, Belanda, Jerman dan Timor Leste. Mahasiswa asing di UK Petra juga memperkenalkan budaya dan bahasa yang mereka miliki selama di Internasional Day 2018. Sedangkan mahasiswa UK Petra akan sharing pengalaman belajar mereka saat berada di luar negeri,” pungkas Melinda.

Tema International Day 2018 adalah: Eduventure, yang merupakan gabungan dari kata education yang berarti ilmu dan adventure yang berarti petualangan.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs