Jumat, 17 Mei 2024

Hadapi UNBK, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Berkomitmen Jujur

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Deklarasi ujian jujur digelar SMA Muhammadiyah 2 Surabaya diikuti segenap siswa, guru dan dihadiri Sukaryanto kepala cabang dinas pendidikan Kota Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Memilih tagline: Prestasi itu Penting, Tapi Jujur Lebih Utama, siswa-siswi SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Jumat (6/4/2018) gelar deklarasi komitmen jujur melaksanakan ujian.

Dihadiri Sukaryanto kepala cabang dinas pendidikan kota Surabaya, kegiatan deklarasi melibatkan sekurangnya 350 lebih siswa-siswi kelas XII bersama sejumlah pengajar dan guru.

“Prestasi memang penting diraih, tetapi yang lebih penting adalah kejujuran. Belajar dengan rajin dan keras adalah kewajiban para siswa, tetapi selalu bersikap jujur adalah tugas para siswa,” kata Sukaryanto.

Oleh karena itu, lanjut Sukaryanto kepada para siswa diharapkan untuk mempersiapkan diri saat akan mengikuti pelaksanaan ujian berlangsung. Selain belajar dengan rajin, diharapkan juga mempersiapkan mental.

“Jangan hanya mengandalkan kejujuran, tetapi malah tidak belajar mempersiapkan materi belajar untuk ujian. Ini juga keliru. Belajar dengan keras wajib dilakukan dengan sekaligus menjaga kejujuran,” tambah Sukaryanto.

Sementara itu ditambahkan Astadjab Kepala SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, bahwa jauh-jauh hari sekolah sudah mempersiapkan siswa dengan bekal berbagai latihan mengerjakan soal dan try out juga mempersiapkan mental.

“Kejujuran selalu kita ingatkan pada siswa agar diaplikasikan di berbagai sisi kehidupan. Termasuk nanti saat mengikuti UNBK 2018. Belajar memang menjadi tugas siswa, tetapi kejujuran harus diterapkan di setiap bagian kehidupan. Itu penting,” tegas Astadjab.

Deklarasi komitmen jujur mengikuti UNBK SMA 2018 di Surabaya oleh siswa-siswi SMA Muhamadiyah 2 Surabaya, menjadi bagian dari pelaksanaan ujian yang mulai digelar Senin (9/4/2018).(tok/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
30o
Kurs