Kamis, 2 Mei 2024

IFI dan ITS Surabaya Gelar Pameran Arsitek Prancis

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
ilustrasi

Institut Français Indonesia (IFI) Surabaya bekerjasama dengan Departemen Arsitektur ITS gelar Album des jeunes architectes et paysagistes (AJAP) atau Album Arsitek dan Arsitek Lanskap Muda, di ITS Surabaya.

Kegiatan ini dijadwalkan digelar mulai Senin (5/11/2018) hingga Jumat (9/11/2018) dipusatkan di selasar Arsitektur, Departemen Arsitektur, Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya.

Pameran dijadwalkan menampilkan 20 proyek arsitektur serta profil arsitek yang meraih penghargaan pada edisi tahun 2016.

Perhelatan pameran ini diprakarsai Kementrian Kebudayaan Prancis dan digelar setiap 2 tahun sekali, untuk mengapresiasi arsitek-arsitek muda berbakat, berusia kurang dari 35 tahun.

Bentuk pameran berkeliling ini didesain sedemikian rupa agar dapat mudah dipahami dan ditampilkan. Modulnya seperti kursi besar yang dapat dengan bebas ditampilkan di ruang pameran.

Institut Francais yang berpusat di Paris, membawa pameran edisi penghargaan AJAP 2016 ke berbagai jaringan budaya Prancis di luar negeri, termasuk Indonesia.

Pameran ini telah ditampilkan di berbagai negara lain di luar Indonesia. Di Indonesia sendiri, pameran digelar di Bali pada bulan Oktober 2018 lalu, awal November di Surabaya, dan selanjutnya dijadwalkan berkeliling ke Jogjakarta, Jakarta dan Bandung.

Sementara itu, disela-sela pameran Album des jeunes architectes et paysagistes (AJAP) dijadwalkan juga akan digelar workshop arsitektur bersama Pierre de Montigny arsitek Prancis anggota tim Mutations Architectes.

Dan Mutations Architectes adalah satu diantara agensi arsitektur pemenang penghargaan AJAP 2016. Dalam rangka tur pameran AJAP 2016, Pierre de Montigny menjadwalkan tur ke beberapa kota di Indonesia, menjadi pembicara diskusi atau memberi workshop arsitektur.

Sementara itu di Surabaya, workshop diselenggarakan IFI bekerjasama dengan ITS bertema Arsitektur pada Rabu (14/11/2018) dengan pemateri workshop disampaikan oleh Pierre de Montigny, di Studio Perancangan Arsitektur Departemen Arsitektur Kampus ITS Surabaya.

Pembukaan pameran Album des jeunes architectes et paysagistes (AJAP), seperti disampaikan Khrisna Pramendha Koordinator Media bahwa acara pembukaan yang dijadwalkan Senin (5/11/2018) diawali dengan diskusi santai seputar dunia arsitektur di Prancis bersama Benoit Bavouset Direktur IFI Surabaya.

“Masyarakat silahkan datang dna mengikuti pembukaan pameran sekaligus mengikuti diskusi yang menghadirkan Benoit Bavouset Direktur IFI Surabaya. Silahkan hadir,” kata Khrisna, Sabtu (3/11/2018).(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs