Rabu, 8 Mei 2024

IPW Dukung Langkah Polri Terapkan Tilang Elektronik

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
CCTV di Kota Surabaya. Foto: Dok suarasurabaya.net

Indonesia Police Watch (IPW) mendukung langkah Polri, terkait penerapan tilang elektronik atau “Electronic Traffic Law Enforcement” (E-tle) bagi pengendara yang melanggar rambu lalu lintas.

“Program tilang elektronik memang harus sudah dilakukan Polri,” kata Neta S Pane Ketua Presidium IPW, dilansir Antara, Minggu (16/9/2018).

Neta menyebutkan, penerapan tilang elektronik lebih siap di Bandung dan Surabaya dibandingkan Jakarta, lantaran sarana dan prasarana termasuk alat pemantau lalu lintas sudah sangat memadai.

“Seperti Jakarta perlu penambahan untuk melengkapi infrastruktur pendukung tilang elektronik,” tutur Neta.

Neta juga mengatakan peralatan pendukung tilang elektronik cukup sederhana, seperti kamera pemantau beresolusi tinggi, server, monitor pemantau di polda, dan petugas yang mengirimkan surat tilang ke alamat pemilik kendaraan atau pesan singkat.

Selain itu, penerapan tilang elektronik memberikan dampak positif dan membiasakan petugas maupun masyarakat memanfaatkan sistem teknologi elektronik.

Menurutnya, penambahan jumlah anggota Polri untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk tidak masuk akal sehingga perlu memanfaatkan teknologi.

“Tilang elektronik bagian dari perkembangan sistem IT harus dimanfaatkan menumbuhkembangkan budaya IT di Polri,” ujarnya.

Penerapan tilang elektronik juga diungkapkan Neta akan menghilangkan budaya pungutan liar atau transaksional terhadap pengendara yang melanggar.

Namun Neta mengingatkan agar Polri secara rutin menjaga dan merawat insfrastruktur tilang elektronik, serta memperbaiki database pemilik kendaraan yang belum balik nama. (ant/ang/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs